BAQIR, MUHAMMAD (2018) ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI KHALAYAK PENGIKUT FOODSTAGRAM UNTUK MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB RESTO AND CAFE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
cover.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
hal.Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (38kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Khalayak saat ini dimanjakan dengan banyaknya informasi yang dapat
dicari dan ditemukan dalam sekejap mata pada jejaring sosial. Hal ini membuat
para pelaku usaha kuliner mulai melakukan promosi melalui jejaring sosial, salah
satunya instagram. Penelitian ini menyorot instagram sebagai salah satu jejaring
sosial yang banyak digunakan pelaku bisnis kuliner dalam media berpromosi
termasuk oleh Kampung Arab Resto and Cafe. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata, kalimat,
atau narasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Didalam instagram terdapat akun khusus para pecinta kuliner yang dikenal dengan
foodstagram. Akun foodstagram ini mulai menjadi sarana baru dalam berpromosi
bagi para pengusaha kuliner. Dengan mengusung konsep media baru, penelitian
ini menggunakan teori social information processing karena terdapat proses
pertukaran informasi yang terjadi pada pemilik akun foodstagram dengan para
khalayaknya Kehadiran akun tersebut menimbulkan perilaku tersendiri dari
khalayak foodstagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana komunikasi
pada foodstagram berdampak memunculkan perilaku tersendiri oleh para
khalayak pengikut akun foodstagram. Respon yang ditemui berupa jumlah like
dan komentar yang terbilang besar dan juga perilaku khalayak menyebarkan
informasi seputar kuliner antar satu sama lainnya melalui fitur tagging (@) dan
hastag(#), sampai akhrinya menimbulkan perilaku khalayak foodstagram untuk
datang berkunjung.Perilaku komunikasi khalayak ini menunjukan dunia digital
digunakan sebagai alat komunikasi interaktif yang dapat digunakan sebagai sarana
pemberi informasi (komunikator) dan juga pencaharian informasi (komunikan)
yang keduanya dapat bertemu pada jejaring sosial dan saling memaknai satu sama
lainnya.
Kata Kunci: Perilaku, Komunikasi, Khalayak, Foodstagram, Soscial Informacing
Procecing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 03:25 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 03:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |