PENGARUH MACAM ZAT PENGATUR TUMBUH YANG TERKANDUNG PADA MEREK DAGANG DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN STEK JAMBU AIR CITRA (Syzygium aqueum Burm.f. Alston)

Anggraeni, Tria Rizky (2018) PENGARUH MACAM ZAT PENGATUR TUMBUH YANG TERKANDUNG PADA MEREK DAGANG DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN STEK JAMBU AIR CITRA (Syzygium aqueum Burm.f. Alston). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jambu air citra merupakan buah lokal yang disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan mempunyai kandungan mineral yang lengkap didalamnya. Peningkatan hasil produksi harus diimbangi dengan cara pembudidayaan yang tepat. Oleh karena itu, perlu dikembangkan budidaya yang baik untuk meningkatkan produksi, diantaranya dengan memperbaiki pembibitan tanaman jambu air citra secara vegetatif melalui stek dengan zat pengatur tumbuh dan didukung dengan penggunaan media tanam yang tepat. Penelitian ini bertujuan mengetahui zat pengatur tumbuh dan media tanam terbaik serta interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta pada bulan Maret-Mei 2016. Penelitian ini disusun secara faktorial menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah macam zat pengatur tumbuh yang terdiri dari tanpa hormon, root-up, rootone-F dan atonik. Faktor kedua adalah media tanam yaitu pasir sungai, floral foam dan pasir sungai + kompos. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Variabel pengamatan meliputi kecepatan munculnya tunas, jumlah daun, luas daun, panjang tunas, diameter tunas, jumlah akar, panajang akar, volume akar, presentase hidup dan warna daun. Data hasil pengamatan dianalisis keragamannya pada jenjang nyata 5% dan untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda atau Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat pengatur tumbuh rootone-F dan media pasir sungai + kompos mampu meningkatkan persentase hidup stek dan terdapat interaksi pada parameter panjang akar dan volume akar. Kata kunci : Bibit jambu air citra, Zat Pengatur Tumbuh, Media Tanam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:03
Last Modified: 06 Apr 2018 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

View Item View Item