MODEL PERSEDIAAN DETERMINISTIK DENGAN KUANTITAS PENGIRIMAN TETAP DAN ANGGARAN YANG TERBATAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (Studi Kasus di Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) RSU Queen Latifa Sleman)

Karmani, Gita (2018) MODEL PERSEDIAAN DETERMINISTIK DENGAN KUANTITAS PENGIRIMAN TETAP DAN ANGGARAN YANG TERBATAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (Studi Kasus di Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) RSU Queen Latifa Sleman). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

IFRS RSU Queen Latifa Sleman merupakan salah satu rumah sakit yang menghadapi masalah persediaan. Permasalahan yang dihadapi oleh IFRS RSU Queen Latifa Sleman adalah menentukan jumlah dan waktu pemesanan yang optimal dengan keterbatasan anggaran yang ada dengan situasi dimana pengiriman obat-obatan yang dipesan oleh IFRS RSU Queen Latifa Sleman dikirim oleh pemasok dengan laju pengiriman yang konstan dan bertahap. Dalam hal ini, pendekatan masalah dilakukan dengan model persediaan Economic Production Quantity dengan mempertimbangkan keterbatasan anggaran. Penelitian ini membahas mengenai strategi pengiriman yang optimal pada persediaan obat-obatan. Karakteristik permasalahan yang dihadapi oleh IFRS mirip dengan pendekatan model persediaan Economic Production Quantity namun permasalahan keterbatasan anggaran memiliki kondisi yang mirip dengan pendekatan model persediaan Economic Order Quantity dengan mempertimbangkan keterbatasan anggaran (Elsayed dan Boucher, 1994). Modifikasi terhadap model persediaan Economic Production Quantity dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model matematis yang dikembangkan dapat diterapkan pada IFRS RSU Queen Latifa Sleman. Perubahan nilai parameter pada proses validasi model menunjukkan bahwa model matematis yang dikembangkan memberikan hasil yang optimal. Model persediaan yang dikembangkan dalam penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi keilmuan terhadap penyelesaian masalah persediaan. Kata kunci: obat, fast moving, Economic Production Quantity, multi-item, keterbatasan anggaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:19
Last Modified: 06 Apr 2018 02:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item View Item