Wardana, Panji Budi Kusuma (2018) SELEBGRAM SEBAGAI ENDORSER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
1.cover.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
2.halaman pengesahan.pdf Download (419kB) | Preview |
Preview |
Text
4.Abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
Preview |
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan
pada penggunaan internet dan media sosial dalam komunikasi pemasaran.
Penggunaan Instagram dengan selebgram sebagai Endorser suatu produk telah
banyak dilakukan perusahaan dengan tujuan mempengaruhi khalayak atau
konsumen. Penggunaan Selebgram sebagai Endorser di Instagram secara dalam
konteks komunikasi pemasaran mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan
jumlah penjualan produk.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran
selebgram sebagai endorser dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data
dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi.
Narasumber penelitian terdiri dari 3 orang selebgram sebagai
endorser(@vhioktaa, @noveliagibson, dan @reybiccaherliani) dan 3 orang
penggemar atau followersnya. Metode analisis data dilakukan dengan analisis data
kualitatif yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selebgram sebagai
endorser dalam konteks komunikasi pemasaran sejalan dengan fungsi periklanan
dalam pemasaran yaitu berperan sebagai penyampai informasi produk-produk,
mengingatkan produk atau merek tertentu dan akhirnya mampu untuk
mempersuasi pelanggannya untuk membeli produk dan akhirnya meningkatkan
penjualan suatu produk. Selebgram sebagai endorser terbukti memiliki aspekaspek
kredibilitas komunikator terdiri dari Visibility, Credibility, Attractiveness
dan Power. Visibility ditunjukkan oleh jumlah followers yang tinggi dari masingmasing
endorser. Aspek Credibility ditunjukkan oleh kualitas foto yang
digunakan, pengalaman sebagai endorser sudah cukup lama serta kemampuam
dalam mengelola instagram. Attractiveness ditunjukkan oleh daya pikat fisik
seperti cantik atau tampan, bertubuh ideal serta memiliki penampilan yang
menarik, konsep foto atau penampilan yang unik, spesifik serta hal-hal lain yang
dapat dirasakan pengggemar. Aspek power ditunjukkan selebgram sebagai
endorser dengan konsistensi menjaga kualitas foto, konsistensi intensitas upload
foto, dan konsistensi interaksi yang baik dengan konsumen.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Selebgram, Instagram, Endorser.
Abstract
The development of information and communication technology
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 02:18 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 02:18 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |