SELEBGRAM SEBAGAI ENDORSER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN

Wardana, Panji Budi Kusuma (2018) SELEBGRAM SEBAGAI ENDORSER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.halaman pengesahan.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan pada penggunaan internet dan media sosial dalam komunikasi pemasaran. Penggunaan Instagram dengan selebgram sebagai Endorser suatu produk telah banyak dilakukan perusahaan dengan tujuan mempengaruhi khalayak atau konsumen. Penggunaan Selebgram sebagai Endorser di Instagram secara dalam konteks komunikasi pemasaran mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan jumlah penjualan produk.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran selebgram sebagai endorser dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Narasumber penelitian terdiri dari 3 orang selebgram sebagai endorser(@vhioktaa, @noveliagibson, dan @reybiccaherliani) dan 3 orang penggemar atau followersnya. Metode analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selebgram sebagai endorser dalam konteks komunikasi pemasaran sejalan dengan fungsi periklanan dalam pemasaran yaitu berperan sebagai penyampai informasi produk-produk, mengingatkan produk atau merek tertentu dan akhirnya mampu untuk mempersuasi pelanggannya untuk membeli produk dan akhirnya meningkatkan penjualan suatu produk. Selebgram sebagai endorser terbukti memiliki aspekaspek kredibilitas komunikator terdiri dari Visibility, Credibility, Attractiveness dan Power. Visibility ditunjukkan oleh jumlah followers yang tinggi dari masingmasing endorser. Aspek Credibility ditunjukkan oleh kualitas foto yang digunakan, pengalaman sebagai endorser sudah cukup lama serta kemampuam dalam mengelola instagram. Attractiveness ditunjukkan oleh daya pikat fisik seperti cantik atau tampan, bertubuh ideal serta memiliki penampilan yang menarik, konsep foto atau penampilan yang unik, spesifik serta hal-hal lain yang dapat dirasakan pengggemar. Aspek power ditunjukkan selebgram sebagai endorser dengan konsistensi menjaga kualitas foto, konsistensi intensitas upload foto, dan konsistensi interaksi yang baik dengan konsumen. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Selebgram, Instagram, Endorser. Abstract The development of information and communication technology

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:18
Last Modified: 06 Apr 2018 02:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14883

Actions (login required)

View Item View Item