PENENTUAN ZONA PROSPEK HIDROKARBON UNTUK RENCANA KERJA ULANG PINDAH LAPISAN DI SUMUR SUMUR MINYAK LAPANGAN “BRAVO” CEKUNGAN SUMATERA TENGAH

HARTOYO, PUJI (2018) PENENTUAN ZONA PROSPEK HIDROKARBON UNTUK RENCANA KERJA ULANG PINDAH LAPISAN DI SUMUR SUMUR MINYAK LAPANGAN “BRAVO” CEKUNGAN SUMATERA TENGAH. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Geologi Lapangan “BRAVO” berupa struktur antiklin yang terletak di Cekungan Sumatra Tengah yang memiliki lapisan produktif pada Kelompok Sihapas Formasi Bekasap yang terdiri dari Lapisan L-50, L-55, L-63 dan L-70. Lapangan “BRAVO” memiliki Original Oil In Place (OOIP) sebesar 55,06 MMSTB dengan kumulatif produksi minyak sampai Desember 2013 (cut-off date) sebesar 14,10 MMSTB dari 29 sumur aktif produksi, 3 sumur suspended, dan 5 sumur abandoned. Lapangan ini masih memiliki potensi yang cukup besar untuk memaksimalkan perolehan tahap primer dengan recovery factor masih sekitar 25,61%. Analisa logging digunakan sebagai dasar dalam penentuan kandidat sumur KUPL (Kerja Ulang Pindah Lapisan). Analisa logging ini menentukan harga volume shale, porositas, saturasi air (Sw).Harga cut off dari volume shale = 0,45 , harga cut off dari porositas = 0,15 dan harga cut off dari saturasi air (Sw) = 0,6. Produksi air yang tinggi dari sumur sumur minyak merupakan masalah yang memerlukan suatu penanggulangan tersendiri.Perencanaan kerja ulang pindah lapisan (KUPL) ini didasarkan pada problem air yang banyak terproduksi ke permukaan. Perencanaan yang dapat dilakukan pada sumur sumur tersebut adalah menutup perforasi lama pada lapisan produksi yang memproduksikan air yang tinggi dengan squeeze cementing,lalu dilakukan perforasi kembali (reperforasi) pada interval kedalaman yang lain jika hasil dari analisa logging masih menunjukkan bahwa formasi tersebut masih cukup produktif. Berdasarkan hasil analisa log yang divalidasi dengan data core (inti batuan) maka didapatkan 4 (empat) sumur di Lapangan “Bravo” yang direncanakan akan di lakukan KUPL (Kerja Ulang Pindah Lapisan) yaitu Sumur UQ-20,UQ-23,UQ-28 dan UQ-30. Kata Kunci: Kerja Ulang Pindah Lapisan, Water Coning, water cut,reperforasi ,squeeze cementing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:25
Last Modified: 05 Apr 2018 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item View Item