STUDI VALUASI EKONOMI CADANGAN BATUBARA DI PIT RINJANI PT BARAMEGA INDONESIA SURYA ALAM KECAMATAN SERONGGA KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

WAHYUDI, LUTHFI (2018) STUDI VALUASI EKONOMI CADANGAN BATUBARA DI PIT RINJANI PT BARAMEGA INDONESIA SURYA ALAM KECAMATAN SERONGGA KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Masters thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

PT.Baramega Indonesia Surya Alam (PT. BISA) adalah perusahaan jasa kontraktor yang bergerak dibidang pertambangan yang mengerjakan sebagian wilayah dari Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Baramega Citra Mulia Persada (PT. BCMP) seluas 100 Ha. Wilayah yang dikerjasamakan dengan PT. BISA secara administratif berada di Desa Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Sistem penambangan yang diterapkan oleh PT. BISA adalah tambang terbuka (surface mining) dengan metode yang digunakan stripe mine. Perhitungan sisa cadangan dimaksudkan untuk mengetahui jumlah batubara yang dapat diusahakan oleh PT. BISA. Adanya perubahan harga yang memungkinkannya kembali dilakukannya eksploitasi di PT.BISA. Perubahan harga ini akan mempelihatkan adanya perubahan pendapatan untuk perusahaan yang mempengaruhi nilai keuntungan perusahan tersebut, dan dapat memenuhi margin minimal perusahaan dengan adanya hal tersebutlah dilakukan perhitungan nilai ekonomis untuk melihat kapan dan di harga berapa akan dilakukan penambangan kembali. Cadangan batubara di pit Rinjani milik PT. BISA diketahui sebesar 768.250ton dengan angka stripping ratio sebesar 1:2,9 dan nilai kalori batubara yaitu sebesar 5.400 kcal/kg. Berdasarkan harga batubara acuan yang sudah dimiliki, didapatkan harga ekonomi dari cadangan batubara tersebut yaitu sebesar $60.515.015,48 sebagai nilai tertinggi dalam 2 tahun terakhir dan $32.450.860,15 sebagai nilai ekonomi terendah dari cadangan batubara di pit Rinjani PT. BISA. Setelah didapatkan angka pendapatan dan angka pengeluaran atau biaya produksi, angka biaya opersaional dan biaya lainnya yaitu sebesar $43.428.597 maka angka pendapatan yang seharusnya diperoleh yaitu $55.283.236 dengan harga minimum sebesar $71,96. Berarti PT. BISA akan melakukan penambangan apabila harga penjualan minimum sebesar $71,96 dan akan mendapatkan keuntungan sebesar $12.034.638.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:02
Last Modified: 04 Apr 2018 04:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item