PENENTUAN KOMBINASI KROMIUM-GAMBIR TERHADAP KEKUATAN TARIK PADA PROSES PENYAMAKAN KULIT IKAN TALANG-TALANG (QUEENFISH ) DENGAN METODE TAGUCHI

SULISTYANINGSIH, ENDANG (2018) PENENTUAN KOMBINASI KROMIUM-GAMBIR TERHADAP KEKUATAN TARIK PADA PROSES PENYAMAKAN KULIT IKAN TALANG-TALANG (QUEENFISH ) DENGAN METODE TAGUCHI. Masters thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2018-04-03-0001.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Saat ini kulit ikan masih sedikit jumlahnya, sehingga jarang digunakan dalam industri penyamakan kulit. Kulit ikan talang-talang merupakan limbah buangan,sehingga dapat diolah menjadi kulit tersamak, dan dapat dijadikan produk tas atau dompet, yang harus mempunyai kekuatan tarik yang baik, di mana tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kombinasi kromium-gambir terhadap kekuatan tarik pada proses penyamakan kulit ikan talang-talang dengan metode Taguchi. Dalam penelitian ini menggunakan faktor terkendali yaitu Cr2O3 (krome okside): 1,5%, 2,5%, 3,0%, bahan gambir: 6%, 8%,10% , waktu proses retanning: 20 menit, 40 menit, 60 menit, minyak sulfat: 10 %, 11%, 12%. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kombinasi faktor dan level yang paling baik adalah faktor A (krome okside) level 3 yaitu 3,0 %, faktor B (bahan gambir) level 3 yaitu 10 %, faktor C (waktu proses retanning) level 2 yaitu 40 menit, faktor D (minyak sulfat) level 1 yaitu 10%. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengatur kembali faktor dan level kendali, menambahkan interaksi yang terjadi, lebih baik dilakukan dengan langkah studi kasus dilapangan, dan menambahkan analisis untuk menaikkan kualitas kulit ikan selain kekuatan tarik. Kata kunci : Taguchi, kekuatan tarik, kulit ikan talang-talang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:28
Last Modified: 03 Apr 2018 03:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item