ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN PERBANDINGAN METODE CROSS SECTION DAN METODE CONTOUR DI CV. MUNCUL KARYA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NUGRAHA, RIO SAPTA (2018) ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN PERBANDINGAN METODE CROSS SECTION DAN METODE CONTOUR DI CV. MUNCUL KARYA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Dalam setiap kontruksi bangunan dan jalan, batu andesit merupakan material yang selalu dibutuhkan. Karena alasan tersebut CV. Muncul Karya membuka lahan penambangan batu andesit baru di Dusun Tanggul Angin, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk melakukan penambangan tersebut dibutuhkan nilai estimasi bahan galian yang nantinya berguna dalam tahap penambangan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan taksiran kuantitas sumberdaya yang ada di wilayah IUP CV. Muncul Karya yang berada di Dusun Tanggul Angin, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas daerah penelitian sekitar 6,5 hektar dengan luas tanah penutup adalah 97.500 m3. Metode estimasi sumberdaya yang digunakan adalah metode cross section dan metode contour. Alasan digunakannya kedua metode tersebut karena batu andesit di daerah penelitian merata dan berbentuk bukit dan lembah. Hasil estimasi sumberdaya batu andesit : Metode Cross Section.  Utara – Selatan : 3.410.621,5 meter3  Barat – Timur : 3.851.029,3 meter3  N 45o E IUP : 3.821.245,7 meter3 Metode Contour.  Contour : 3.995.588,3 meter3 Mengacu pada klasifikasi sumberdaya dan cadangan Standar Nasional Indonesia (SNI) 4726:2011 maka sumberdaya batu andesit di daerah penelitian dapat dikategorikan sebagai sumberdaya terunjuk. Didalam pelaksanaan perencanaan penambangan dipilih hasil estimasi sumberdaya terunjuk batu andesit yang metodenya mendekati bentuk asli dari topografinya yaitu estimasi dengan menggunakan metode contour sebesar 3.995.588,3 meter3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Apr 2018 03:18
Last Modified: 02 Apr 2018 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14836

Actions (login required)

View Item View Item