IMPLEMENTASI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL OLEH INTERNATIONAL COMMITTEE OF RED CROSS (ICRC) DI TIMUR TENGAH (STUDI KASUS KONFLIK OPOSISI MELAWAN PEMERINTAH PUSAT SURIAH TAHUN 2011-2017)

SATRIA, MUHAMMAD BUDI (2018) IMPLEMENTASI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL OLEH INTERNATIONAL COMMITTEE OF RED CROSS (ICRC) DI TIMUR TENGAH (STUDI KASUS KONFLIK OPOSISI MELAWAN PEMERINTAH PUSAT SURIAH TAHUN 2011-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang implementasi hukum humaniter internasional (HHI) oleh International Committee of Red Cross (ICRC) dalam konflik oposisi melawan pemerintah pusat Suriah. Hukum humaniter internasional yang mengatur tentang perlindungan korban di tengah konflik bersenjata, telah diimplementasikan oleh ICRC sejak awal berdirinya ICRC. ICRC telah memiliki delegasinya di Suriah sejak tahun 1967 ketika konflik terjadi akibat aneksasi wilayah Golan dilakukan oleh Israel. Konflik oposisi melawan pemerintah pusat Suriah mengalami eskalasi tahun 2011 dan di dalamnya terdapat penggunaan senjata kimia. Hal tersebut merupakan pelanggaran berat terhadap HHI, ironisnya ICRC yang merupakan aktor pencetus HHI sudah dan masih terus melakukan operasinya di Suriah. Bahkan setelah mendapat kecaman dunia internasional, pelanggaran HHI melalui penggunaan senjata kimia masih tetap dilakukan. Setelah enam tahun berlangsung, konflik belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Pelanggaran berat terhadap HHI terjadi dalam konflik ini, namun bukan berarti HHI tidak diimplementasikan. Skripsi ini bertujuan untuk membahas sejauh mana implementasi hukum humaniter internasional oleh International Committee of Red Cross (ICRC) dalam konflik oposisi oposisi melawan pemerintah pusat Suriah. Terlebih dalam kurun waktu 2011 hingga 2017. Menjelaskan praktek-praktek bantuan yang dilakukan oleh ICRC di tengah konflik. Kemudian menganalisa apakah aktivitas yang dilakukan ICRC di Suriah telah sesuai dengan HHI serta mekanisme kerja ICRC sendiri. Kata kunci: Hukum humaniter internasional, ICRC, perang sipil,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JX International law
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:53
Last Modified: 29 Mar 2018 04:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item