EVALUASI PENERAPAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) SESUAI DENGAN PERMEN ESDM NO. 38 TAHUN 2014 DI PT. ANTAM UPBE-PONGKOR

MARSINGGA, EGA CAHYA (2018) EVALUASI PENERAPAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) SESUAI DENGAN PERMEN ESDM NO. 38 TAHUN 2014 DI PT. ANTAM UPBE-PONGKOR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi penerapan CSMS yang ada di PT. Antam UPBE-Pongkor Jawa Barat Terletak di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Daerah ini terletak sekitar 54 km arah Barat Daya Kota Bogor. Luas daerah penelitian sekitar sebesar 6047 hektar (No. KW 98 PP 0138/Jawa Barat). Evaluasi penerapan CSMS ini dilakukan dengan dasar Permen ESDM no.38 tahun 2014 serta mengacu pada SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan ). Dalam melakukan penerapan CSMS harus ada peran penting perusahaan sebagai user. Cara mengevaluasi penerapan CSMS, dengan cara melakukan simulasi penerapan pada PT. KSP dan PT. MHK, penerapan CSMS ini akan dilakukan dari tahap pra-kualifakasi sampai evaluasi akhir, dengan cara pemenuhan syarat yang harus dilakukan oleh kontraktor dan diverifikasi owner serta dalam tahap pekerjaan pekerjaan sedang berlangsung akan dilakukan inspeski kerja yang dilakukan oleh user, yang bertujuaan untuk memmastikan apakah kontraktor sudah menerapkan CSMS di pekerjaannya. Hasil akhir dari penelitian ini berada di penilaian evaluasi akhir, evaluasi akhir CSMS berasal dari nilai dari tahapan pra-kualifikasi sampai pekerjaan sedang berlangsung yang dikalkulasi. Hasil evaluasi akhir akan menjadi pertimbangan bagi manajemen PT. Antam UPBE-Ponkor sebagai tolak ukur untuk melanjutkan kontrak tunder dengan kontraktor atau tidak melanjutkan tunder dalam kontrak tunder yang akan datang, dalam segi pengelolaan K3 yang tercantum pada CSMS .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:09
Last Modified: 29 Mar 2018 04:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item