FRAMING PEMBERITAAN KASUS PENISTAAN AGAMA DI INDONESIA (Analisis Framing Berita Penistaan Agama Oleh Basuki Tjahaja Purnama Pada SKH Kompas Edisi Bulan November 2016 Hingga Mei 2017)

Putri, Rustia Dania (2018) FRAMING PEMBERITAAN KASUS PENISTAAN AGAMA DI INDONESIA (Analisis Framing Berita Penistaan Agama Oleh Basuki Tjahaja Purnama Pada SKH Kompas Edisi Bulan November 2016 Hingga Mei 2017). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama merupakan satu rangakaian peristiwa yang panjang, tentu saja kasus penistaan agama di Indonesia bukan sebuah peristiwa yang baru. Namun sejak tokoh kontroversial seperti Basuki Tjahaja Purnama melakukan penistaan tersebut yang terjadi pada dinamika masyarakat Indonesia selalu menuai aksi pro-kontra yang menyebabkan perdebatan di berbagai media. Peneliti ingin melihat sikap yang diambil oleh media cetak Kompas terhadap kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki. Kasus penistaan agama ini dipilih karena mampu membuka informasi tentang bagaimana penanganan kasus kebebasan berpendapat khususnya dalam hal ini menistakan agama yang menganggu kebebasan orang lain. Metodologi penelitian yang akan digunakan kali ini adalah metodologi penelitian kualitatif dengan Teori yang digunakan peneliti adalah Konstruksi Realitas Sosial Media Massa, sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan adalah analisis framing. Analisis framing menekankan pada dua aspek yaitu proses seleksi dan penonjolan. Peneliti menggunakan surat kabar harian Kompas sebagai objek penelitian dalam menganalisis pemberitaan atas kasus penistaan agama tersebut. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kasus Basuki bahwa surat kabar harian Kompas berpihak kepada Basuki Tjahaja Purnama namun secara implisit. Kata kunci : Basuki Tjahaja Purnama, Analisis Framing, Kompas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:42
Last Modified: 29 Mar 2018 02:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item View Item