REPRESENTASI PENGETAHUAN PADA WEB SEMANTIK UNTUK MENINGKATKAN NILAI EFEKTIFITAS PENCARIAN DATA SURAT (Studi Kasus: PT Angkasa Pura I Cabang Sepinggan Balikpapan )

Nugroho, Tri Setia Yoga (2018) REPRESENTASI PENGETAHUAN PADA WEB SEMANTIK UNTUK MENINGKATKAN NILAI EFEKTIFITAS PENCARIAN DATA SURAT (Studi Kasus: PT Angkasa Pura I Cabang Sepinggan Balikpapan ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (976kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Web 3.0. atau dapat dikenal dengan sebutan semantic web dapat digambarkan sebagai pengembangan dari web saat ini. Semantic web tidak hanya bisa di baca oleh manusia, namun dapat dibaca oleh mesin dengan memanfaatkan meta informasi (Davies et al., 2003), tidak seperti web biasa yang hanya dapat dimengerti oleh manusia saja. Pengolahan surat menyurat PT. Angkasa Pura I cabang Sepinggan, Balikpapan masih menggunakan web dengan sedikit interaktif (browsing atau mencari informasi tertentu). Sistem tersebut masih terdapat beberapa kendala yang diantara, data yang dicari hanya sesuai dengan asal pengirim surat. Informasi yang didapat dari pencarian web akan menyulitkan pengguna untuk mengetahui konten lain yang lebih luas, akibatnya apabila kata kunci pencarian tidak sesuai dengan teks yang terdapat pada informasi, maka informasi tidak akan muncul. Metode yang digunakan adalah metode semantic ontology, dan menggunakan protege sebagai perancangan ontologi, dan menggunakan netbean dan library Jena sebagai perancangan interface. Metodologi yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode metodologi Guidelines for Rapid APPlication Engineering (GRAPPLE). Metodologi GRAPPLE merupakan penyederhanaan kerangka metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD). Schmuller (2004) mengemukakan bahwa metodologi GRAPPLE merupakan metodologi pengembangan sistem yang setiap tahapannya terdiri dari beberapa tindakan, dan setiap tindakannya menghasilkan produk berupa diagram UML. UML merupakan bahasa pemodelan yang bagus untuk diterapkan dalam pengembangan. UML memiliki manfaat dalam memberikan gambaran terkait sistem yang mudah dimengerti oleh pengembang. UML juga memberi kemudahan dalam penerjemahan bentuk diagram menjadi pengkodean (Sakti et al, 2016). Hasil yang didapat dalam pembuatan aplikasi ini menunjukkan, bahwa aplikasi yang baru bisa menutupi kendala-kendala yang ada pada aplikasi sebelumnya, sehingga mampu meningkatkan efektifitas pencarian sebuah surat. Perbandingan pada hasil pengujian terbukti bahwa aplikasi baru lebih meminimalisir kendala yang terjadi. Katakunci :.Semantic Web, Ontologi, Protege, Surat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:06
Last Modified: 28 Mar 2018 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item View Item