TEKNIK PENGOLAHAN AIR LINDI TPST PIYUNGAN SECARA ELEKTROKOAGULASI DI KALI OPAK DUSUN NGABLAK DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gemilang, Michael Soray (2018) TEKNIK PENGOLAHAN AIR LINDI TPST PIYUNGAN SECARA ELEKTROKOAGULASI DI KALI OPAK DUSUN NGABLAK DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

TPST Piyungan adalah salah satu tempat pengolahan sampah di Provinsi Yogyakarta. Sampah yang ditumpuk dapat menyebabkan perlindian sehingga menimbulkan masalah baru. TPST Piyungan memiliki pengolahan air lindi namun pengolahan air lindi di TPST Piyungan belum dikatakan baik hal itu dilihat dari akhir pengolahan yang masih berwarna kecoklatan langsung masuk ke badan sungai. Walaupun dilihat dari sifat fisik air Kali Opak yang terkontaminasi air lindi tidak layak namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan tingkat pencemaran dengan metode Indeks Pencemaran sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2003, tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran di Kali Opak dan mengetahui efektifitas dari elektrokoagulasi dalam pengolahan air lindi sehingga diketahui arahan pengolahannya. Metode yang digunakan yaitu metode purposive sampling untuk mengambil sampel sungai di setiap pertemuan percabangan air sungai dan sampel air lindi di output dan inlet. Metode Indeks Pencemaran dengan parameter BOD, COD, TDS, TSS, suhu, pengumpulan data sekunder dan primer, uji laboratorium untuk mengetahui kadar air lindi yang sudah diolah dan sebelum diolah. Parameter yang digunakan pada pengolahan ditambahkan parameter logam seperti Fe, Cd, Mg, Cr. Analisis matematis untuk menghitung efektifitas dari elektrokoagulasi, perhitungan pipa dengan Darcy Weysbach, dan perhitungan dimensi kolam. Hasil penelitian tingkat pencemaran menurut metode indeks pencemaran pada Kali Opak menunjukan bahwa tingkat pencemarannya beragam tingkat pencemaran dari yang tercemar berat status mutu tercemar ringan. Pengolahan elektrokoagulasi menurunkan kadar parameter mencapai bakumutu seperti BOD, COD, Fe, dan Krom, sedangkan kadar Mg, dan kekeruhan dapat diturunkan namun belum diatur baku mutunya. Kadar kadmium mengalami penurunan pada tegangan 3V dan waktu tinggal 15 menit namun setelah itu kadarnya tidak turun lagi. Efektifitas tertinggi pada perlakuan dengan tegangan 13,5 v dan waktu tinggal 30 menit dan parameter dengan efektifitas tertinggi yaitu Krom dengan efektifitas sebesar 89,89%. Arahan pengolahan menggunakan bak elektrokoagulasi dengan perhitungan perbandingan volume dan perhitungan pipanya. Didapat ukuran bak elektrokoagulasi berjumlah 6 dan 1 kolam pengendapan Kata kunci: Air Lindi, Indeks Pencemaran, Elektokoagulasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 28 Mar 2018 02:38
Last Modified: 28 Mar 2018 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item