“PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN UKURAN LEGISLATIF TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI DI INDONESIA” (Studi pada Pemerintah Daerah Provinsi Indonesia Tahun 2015)

Hamonangan, Christian (2018) “PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN UKURAN LEGISLATIF TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI DI INDONESIA” (Studi pada Pemerintah Daerah Provinsi Indonesia Tahun 2015). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terkait dengan isu kinerja pemerintah daerah di Indonesia, yang perlu ditingkatkan setelah diperkenalkannya otonomi daerah. Masing-masing pemerintah daerah perlu menetapkan dan mengelola sistem pengelolaan keuangan publik mereka sendiri. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah karakteristik pemerintah daerah dan ukuran legislatif dapat meningkatkan kinerja keuangan pemerintah daerah provinsi, yang diukur dengan rasio efisiensi. Dengan menggunakan analisis regresi berganda pada 34 sampel laporan keuangan pemerintah daerah untuk tahun 2015. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa ukuran daerah, tingkat ketergantungan pada pemerintah pusat, belanja modal dan leverage menunjukkan berpengaruhnya terhadap kinerja pemerintah daerah provinsi. Sedangkan tingkat kekayaan daerah dan ukuran legislatif menunjukkan tidak berpengaruhnya terhadap kinerja pemerintah daerah provinsidi Indonesia. Kata Kunci: karakteristik pemerintah daerah, kinerja keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:09
Last Modified: 27 Mar 2018 08:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14769

Actions (login required)

View Item View Item