REKAYASA TEKNIS DAN ANALISIS BIAYA REKLAMASI PENAMBANGAN PELAPUKAN BATU DIORIT DI DUSUN KWAGON, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pradita, Julio Bondan (2018) REKAYASA TEKNIS DAN ANALISIS BIAYA REKLAMASI PENAMBANGAN PELAPUKAN BATU DIORIT DI DUSUN KWAGON, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan tanah lempung di Dusun Kwagon belum menggunakan teknik penambangan yang baik. Penambangan belum berorientasi pada system berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta tidak ada rencana reklamasi lahan pasca tambang. Kegiatan penambangan tersebut menyebabkan perubahan topografi yang didapat menyebabkan kerusakan lahan dan menurunnya kesuburan tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kerusakan lahan dan kesesuaian lahan, membuat rekayasa reklamasi pada lahan tambang dan mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk melakukan reklamasi akibat penambangan tanah lempung di Dusun Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan pengharkatan dengan parameter yang digunakan untuk kerusakan lahan adalah relief dasar galian, kemiringan tebing galian, tinggi dinding galian, kondisi jalan,penyelamatan tanah pucuk dan tutupan vegetasi. Parameter yang digunakan untuk menentukan kesesuaian lahan berupa besaran butir pada zona akar, batu dipermukaan tanah, kesuburan tanah, keasaman tanah, ketinggian tempat, banjir dan genangan musiman. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Semua parameter yang ada diperoleh dengan cross check data di lapangan dan pemetaan lapangan. Data dianalisis dengan membandingkan data pada kriteria masing masing parameter. Skor dijumlahkan sehingga didapatkan nilai kerusakan lahan dan kesesuaian lahan. Rekayasa teknis dan perencanaan penambangan disesuaikan dengan hasil kerusakan yang terjadi dan kesesuaian lahan. Penataan lahan untuk daerah yang direklamasi dengan teknik terasering. Paritan dan Saluran Pembuangan Air dibuat sebagai pengendali erosi. Guludan disetiap teras dibuat sebagai media tanam yang cocok untuk bibit mangga setinggi 15 cm. Analisis biaya reklamasi dihitung dari jumlah pekerja yang ada pada disetiap tahap, jumlah pupuk yang dibutuhkan, bibit vegetasi yang dibeli, biaya penanaman bibit, dan perawatan pasca reklamasi. Hasil penelitian menunjukan tingkat kerusakan lahan di Dusun Kwagon termasuk dalam kategori rusak sedang dengan total nilai harkat 13. Kriteria kesesuaian lahan potensial adalah S2nm. Hal utama yang mempengaruhi kesuburan yang terjadi adalah tidak adanya upaya reklamasi yang dilakukan oleh pihak penambang. Arahan pengelolaan berupa pemodelan pembuatan teras kontur dengan jenjang lebar teras sebesar 6 meter dan tinggi dinding teras setinggi 3 meter, untuk memperkuat stabilitas lereng dilakukan penanaman vegetasi dengan sistem guludan, berupa tanaman mangga di lahan bekas penambangan tanah lempung dengan tanaman Krokot sebagai tanaman penutup lahan. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan reklamasi sebesar Rp 1.126.884.500,00. Pengelolaan pascatambang harus direncanakan dan dilaksanakan sehingga tidak meninggalkan lingkungan yang rusak setelah penambangan berakhir. Kata kunci : kerusakan lahan, kesesuaian lahan, biaya reklamasi, penambangan, tanah liat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:40
Last Modified: 27 Mar 2018 04:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

View Item View Item