IDENTIFIKASI ARAH DAN SEBARAN AIR LINDI DI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR SAMPAH DESA BANJARAN, KECAMATAN BOJONGSARI, KABUPATEN PURBALINGGA, PROVINSI JAWA TENGAH

Setyowati, Tuty (2018) IDENTIFIKASI ARAH DAN SEBARAN AIR LINDI DI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR SAMPAH DESA BANJARAN, KECAMATAN BOJONGSARI, KABUPATEN PURBALINGGA, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, merupakan bagian dari fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Purbalingga dalam mengatasi sampah dengan sistem Control landfill serta memiliki luas 5 Ha. Produksi air lindi pada TPA Banjaran dapat menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan. Air lindi dibawa hujan masuk ke kolam penampungan lindi yang akan meresap ke dalam tanah (infiltrasi) jika belum melalui pengolahan yang tepat, sehingga dapat mencemari kualitas air tanah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis status mutu airtanah berdasarkan Indeks Pencemaran, arah dan sebaran air lindi serta mengetahui besar efisiensi penyaringan air lindi yang di lakukan. Metode yang digunakan adalah survey dan pemetaan, purposive sampling, matematis, uji laboratorium, evaluasi. Metode dalam menentukan kualitas airtanah di lokasi penelitian menggunakan metode Indeks Pencemaran (IP), dengan membandingkan kualitas airtanah dengan baku mutu sesuai PP No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Hasil yang didapatkan dibandingkan dengan kelas mutu air yang ada di antaranya kelas baik (memenuhi baku mutu), cemar ringan, cemar sedang, dan cemar berat. Dari penelitian, hasil perhitungan Indeks Pencemaran (IP) pada sumur 1 termasuk tercemar sedang dengan nilai (IP) sebesar 5,431, sedangkan pada sumur 2 memiliki nilai (IP) sebesar 1,468 yang termasuk tercemar ringan. Perhitungan pada sumur 3 memiliki nilai (IP) sebesar 1,468 dan pada sumur 4 memiliki nilai (IP) sebesar 4,003 yang keduanya masuk pada kelas tercemar ringan. Didapatkan bahwa hasil identifikasi rembesan air lindi mengarah ke timur, tenggara hingga selatan sampai ke Bendungan Slinga. Letak sebaran air lindi berada di sepanjang aliran selokan termasuk ke beberapa sumur di pemukiman ke arah tenggara. Dalam penelitian ini melakukan pembuatan sistem penyaringan pengolahan air lindi skala kecil atau sederhana. Dalam proses penyaringan air lindi menggunakan kombinasi bahan yaitu batu kali, ijuk, pasir halus, arang sekam padi, arang tempurung kelapa. Besar efisiensi dari masing – masing parameter dalam proses penyaringan dengan bahan sederhana ialah BOD 54,088%, COD 30,203%, Besi (Fe) 99,734%, Amonia (NH-N)79,755%, dan Coliform -5644%. Kata kunci: TPA Sampah, Lindi, Indeks Pencemaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:34
Last Modified: 27 Mar 2018 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item