KONSERVASI MATA AIR UNTUK KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Larasati, Dian (2018) KONSERVASI MATA AIR UNTUK KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

INTISARI Penelitian ini dilakukan di Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul yang masuk dalam Peta Kerawanan Kekeringan Kabupaten Bantul Tahun 2012 dan tercatat dalam daftar wilayah terdampak kekeringan sejak tahun 2011-2016 menurut BPBD Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mata air, ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan air domestik, dan konservasi untuk menjaga kelangsungan mata air dalam memenuhi kebutuhan air domestik di daerah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan pemetaan, wawancara, uji laboratorium, matematis, analisis, dan evaluasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data sekunder dan primer. Data sekunder didapatkan pada tahap persiapan sebelum dilakukannya penelitian yaitu peta tentatif, data klimatologi, data kependudukan, serta data kesehatan masyarakat. Sedangkan data primer didapatkan pada tahap lapangan yaitu mengukur debit mata air, struktur geologi, mengamati dan menganalisis jenis tanah, batuan, flora, fauna, dan penggunaan lahan. Penggunaan metode purposive sampling untuk wawancara kebutuhan air domestik, infiltrasi, dan tekstur tanah. Pada tahap laboratorium, pengambilan sampel air yang berasal dari 3 (tiga) mata air berbeda untuk dianalisis kandungan unsur fisika, kimia, dan biologi. Kemudian tahap studio, hasil yang diperoleh di lapangan disajikan dalam bentuk uraian, gambar, grafik, dan peta tematik. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik terdiri dari tipe dan kualitas air dari mata air. Tipe mata air berdasarkan kontinuitas keluarnya air tanah pada ketiga mata air yaitu tergolong mata air tahunan. Tipe mata air berdasarkan pendekatan kondisi morfologi di permukaan, dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan tergolong mata air depresi pada mata air di Dusun Karangasem, serta mata air turbuler pada Mata Air Ndhokorok dan Mata Air Watu Gathuk. Tipe mata air berdasarkan temperatur dari ketiganya tergolong non-thermal dengan kelas VI-VII pada penggolongan debitnya. Kualitas air dari Mata air Watu Gathuk dan Mata air Ndhokorok masuk dalam bakumutu air Kelas I, sedangkan pada mata air di Dusun Karangasem tergolong Kelas II berdasarkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 20 Tahun 2008 tentang Bakumutu Air di Daerah Istimewa Yogyakarta. Konservasi yang diterapkan yaitu penanaman tanaman penutup tanah dan pengelolaan daerah sempadan mata air, perbaikan sistem pelayanan sumber air, pembuatan sumur resapan, dan pembuatan bak penangkap mata air (broncaptering) serta penampung pada mata air. Kata Kunci: Mata air, Ketersediaan Air Bersih, Konservasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:26
Last Modified: 27 Mar 2018 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item View Item