FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM ADOPSI INOVASI PERTANIAN PADI ORGANIK DI GAPOKTAN MITRA USAHA TANI DESA WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL

Maurina, Elvira (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM ADOPSI INOVASI PERTANIAN PADI ORGANIK DI GAPOKTAN MITRA USAHA TANI DESA WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 Cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani yaitu umur, pendidikan, luas lahan, kepemilikan lahan, pendapatan, lingkungan sosial, dan lingkungan ekonomi dalam adopsi inovasi pertanian padi organik. Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif dan metode pelaksanaannya menggunakan teknik survei. Metode penentuan lokasi menggunakan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan petani dan data sekunder diperoleh dari instansi atau lembaga terkait. Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 48 petani yang terdiri dari 16 petani organik dan 32 petani non organik. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan metode simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis logit, dengan menggunakan Uji G dan Uji Wald. Hasil regresi logit menunjukkan bahwa variabel umur, kepemilikan lahan, dan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Petani dalam Adopsi Inovasi Pertanian Padi organik. Sedangkan variabel pendidikan, luas lahan garapan, pendapatan, dan lingkungan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Petani. Kata kunci: keputusan, petani, adopsi inovasi, pertanian padi organik, analisis logit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:25
Last Modified: 27 Mar 2018 03:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14750

Actions (login required)

View Item View Item