PERANCANGAN TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, & RECYCLE), DI DUSUN ONGGOMERTAN, KELURAHAN MAGUWOHARJO, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sugiarto, Muhamad Ramdani (2018) PERANCANGAN TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, & RECYCLE), DI DUSUN ONGGOMERTAN, KELURAHAN MAGUWOHARJO, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI S1 M.RAMDANI.S-114130062.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN SKRIPSI S1 M.RAMDANI.S-114130062.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI S1 M.RAMDANI.S-114130062.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI S1 M.RAMDANI.S-114130062.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

INTISARI Jumlah produksi sampah yang meningkat serta keterbatasan pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah juga kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak timbulan sampah maka banyak tanah kosong dan bantaran sungai di Daerah Istimewa Yogyakarta dijadikan lokasi pembuangan sampah ilegal oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak air lindi lokasi pembuangan sampah ilegal terhadap air permukaan dan airtanah serta melakukan pengelolaan sampah sesuai dengan Permen PU No. 3 Tahun 2013 yaitu TPS 3R. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan metode analisis laboratorium. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan teknik penentuan titik sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode survei dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian. Metode laboratorium digunakan guna menguji parameter-parameter yang dijadikan acuan sebagai penentu kualitas air lindi, air permukaan dan airtanah. Berdasarkan dengan penentuan status mutu air dengan menggunakan metode Indeks Pencemaran status mutu air sungai tercemar ringan sebelum dan setelah melalui Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal. Nilai indeks pencemaran air sungai sebelum melewat Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal (AS.1) 1,296 dan terjadi peningkatan setelah melalui Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal dengan nilai indeks pencemaran 1,766. Status mutu airtanah yang dekat dari Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal (AT.2) berjarak 47 meter adalah tercemar ringan dengan nilai indeks pencemaran 1,81. Status mutu airtanah yang jauh dari Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal berjarak 248 meter adalah baik dengan nilai indeks pencemaran 0,908. TPS 3R yang dibangun memiliki luasan total 378 m2. TPS 3R memiliki fasilitas Tempat Pengelolaan Sampah, Kantor dan Taman. Tempat Pengelolaan sampah terbagi atas area pemilahan, area pengomposan, gudang non orgaganik, tempat penyimpanan kompos, ruang residu, parkir cator (becak motor), gudang dan tempat istirahat pengurus TPS 3R. Perencanaannya TPS 3R membutuhkan biaya Pembangunan sebesar Rp 343.090.089,70. Kata Kunci: Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal, air lindi, Kualitas Air, TPS 3R.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:50
Last Modified: 27 Mar 2018 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item