KARAKTERISASI RESERVOAR DENGAN MENGGUNAKAN INVERSI MODEL BASED DAN ANALISIS PETROFISIKA PADA LAPANGAN “LEMON” FORMASI BATURAJA CEKUNGAN SUMATRA SELATAN

WIRAWAN, VEBRINA LOURA (2017) KARAKTERISASI RESERVOAR DENGAN MENGGUNAKAN INVERSI MODEL BASED DAN ANALISIS PETROFISIKA PADA LAPANGAN “LEMON” FORMASI BATURAJA CEKUNGAN SUMATRA SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. abstract.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI 2.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Geofisika Eksplorasi berdasarkan karakterisasi potensi reservoar masih menjadi hal yang penting dalam industri minyak dan gas bumi. Formasi baturaja adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi hidrokarbon cukup baik dengan litologi dominan berupa batugamping. Distribusi facies formasi Baturaja memiliki kecenderungan heterogenitas yang signifikan baik vertikal maupun horizontal dalam jarak dekat. Dalam penelitian ini data 3D digunakan untuk menentukan struktur dan peta horizon, kemudian digunakan untuk menganalisis data seismik dan data sumur yang telah dilakukan inversi berbasis model dan analisis petrofisika dari data sumur. Metode Inversi model based dan sparse spike dipilih untuk mendeskripsikan sifak fisik internal batuan/ lapisan dan kemenerusan secara lateral, sedangkan petrofisika digunakan untuk analisis distribusi prositas batuan. Model hasil inversi berdasarkan distribusi akustik impedansi batuan memiliki range nilai sebesar 11.000-13.000 (m/s)(g/cc) yang diinterpretasikan sebagai daerah potensial hidrokarbon pada formasi Baturaja. Hasil analisis petrofisika adalah peta persebaran densitas (RHOB), porositas total (PHIT) dan porositas efektif (PHIE) dari daerah penelitian yang diperoleh dari hasil trace math berdasarkan persamaan regresi linier AI dengan RHOB, AI dengan PHIT, dan AI dengan PHIE. Berdasarkan proses inversi dan petrofisika diketahui bahwa probabilitas lokasi reservoar daerah penelitian berada pada kedalaman 1597 m sampai 1615 m, dengan nilai porositas total 15%-22%, porositas efektif 11% -17%, densitas 2,2-2,4 g/cc. Reservoar daerah penelitian diperkirakan berada pada daerah isolated platform sehingga menghasilkan persebaran porositas yang tidak merata. Hasil analisis log PEF diperoleh Top reservoar berupa kalsit dan diperkirakan sebagai lingkungan vadose zone , dan pada kedalaman di bawah 1620 ms dalam bentuk dolomit yang diperkirakan berada pada lingkungan diagenesa mixing zone. Keywords: Impedansi akustik, Mixing zone, Model based, Porositas, Vadoze zone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Mar 2018 07:27
Last Modified: 22 Mar 2018 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item