PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN TEKNIK LOT SIZING DENGAN METODE LEAST UNIT COST (LUC) (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Sendangtirto, Berbah, Yogyakarta)

Vantrica, Aulia Arlaga (2018) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN TEKNIK LOT SIZING DENGAN METODE LEAST UNIT COST (LUC) (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Sendangtirto, Berbah, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Mandiri Jogja Internasional (PT M-JOINT) adalah salah satu perusahaan yang memproduksi tas dan alas kaki di Yogyakarta. Bahan baku utama yang digunakan adalah kulit nabati. Kulit yang digunakan dalam proses produksi terdiri dari berbagai macam warna dan tiap jenis produk tas membutuhkan ukuran kulit yang berbeda-beda. Dalam melakukan perencanaan persediaan perusahaan masih melakukan dengan cara prediksi sehingga mengakibatkan terjadinya kekurangan persediaan saat proses produksi berlangsung dan terjadinya off produksi atau berhentinya prose produksi.. Perusahaan perlu melakukan perencanaan yang baik dalam pengadaan bahan baku. Berdasarkan permasalahan tersebut maka digunakan perencanaan menggunakan teknik lot sizing dengan metode Least Unit Cost (LUC). Perencanaan ini bertujuan untuk menentukan jumlah pemesanan yang optimal berdasarkan pesanan dari buyer, kapan kulit harus dipesan ke supplier, menentukan jumlah kulit yang masuk ke gudang dan kulit yang keluar untuk diproduksi. Perencanaan ini dapat diharapkan meminimalisir terjadinya kekosongan stok dan off produksi akibat dari kekurangan bahan baku. Perencanaan yang diterapkan perusahaan diperoleh bahwa terjadi off produksi selama 1 hari pada bulan Agustus. Hal ini disebabkan tidak adanya stok kulit di gudang karena kurangnya persediaan kulit. Sedangkan perencanaan menggunakan metode Least Unit Cost (LUC) diperoleh pemesanan optimal sebanyak 724 lembar yang harus diterima pada minggu pertama, 731 lembar yang harus diterima pada minggu ketiga. 608 lembar yang harus diterima pada minggu kelima, dan 613 lembar yang harus diterima pada minggu ketujuh. Sehingga metode LUC dapat meminimalisir terjadinya off produksi karena stok kulit selalu tersedia di gudang. Kata kunci: Persediaan, Lot Sizing, Least Unit Cost (LUC)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:22
Last Modified: 21 Mar 2018 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14686

Actions (login required)

View Item View Item