Pengaruh Kecukupan Modal, Kredit Bermasalah, Efisiensi, dan Likuiditas terhadap Profitabilitas Bank (Studi Kasus pada Bank yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2016)

Priyatnaningtyas, Aprilia Mahanani (2018) Pengaruh Kecukupan Modal, Kredit Bermasalah, Efisiensi, dan Likuiditas terhadap Profitabilitas Bank (Studi Kasus pada Bank yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2016). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pengesahan 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pengesahan 2.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

INTISARI Bank merupakan suatu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan (financial intermediary) antara pihak-pihak yang memiliki dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar aliran lalu lintas pembayaran. Bank juga merupakan suatu industri yang dalam kegiatan usahanya mengandalkan kepercayaan masyarakat sehingga seharusnya tingkat kesehatan bank perlu dipelihara. Tingkat kesehatan suatu bank dapat diniliai dari beberapa indikator. Salah satu indikator utama yang dapat dijadikan dasar penilaian adalah laporan keuangan bank tersebut. Berdasarkan laporan keuangan tersebut akan dapat dihitung sejumlah rasio keuangan yang lazim digunakan untuk menjadi dasar penilaian kesehatan suatu bank. Hasil analisis laporan keuangan akan membantu menginterpretasikan berbagai hubungan kunci serta kecenderuangan yang dapat memberikan dasar pertimbangan mengenai potensi keberhasilan perusahaan dimasa mendatang. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Laporan Tahunan perusahaan perbankan yang go public dengan menganalisa dalam kurun waktu 10 tahun yaitu 2007-2016. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 43 bank, dan jumlah sampel sebanyak 31 bank dengan melewati tahap purposive sample. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kecukupan Modal yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Likuiditas yang diukur dengan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Profitabilitas bank yang diukur dengan Return On Asset (ROA). Sedangkan tingkat Kredit Bermasalah yang diukur dengan Rasio Non Performing (NPL) dan Efisiensi yang diukur dengan Rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas Bank yang dapat dilihat melalui nilai Return On Asset (ROA). Hasil dari penelitian pengaruh kecukupan modal, kredit bermasalah, efisiensi, dan likuiditas terhadap profitabilitas bank diharapkan dapat menjadi pedoman, baik oleh pihak manajemen perusahaan dalam pengelolaan perusahaan, maupun oleh para investor dalam menentukan strategi investasi. Kata Kunci : Kecukupan Modal (CAR), Kredit Bermasalah (NPL), Efisiensi (BOPO), Likuiditas (LDR), Profitabilitas (ROA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:44
Last Modified: 20 Mar 2018 04:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item View Item