ANALISIS PATAHAN DENGAN MENGGUNAKAN FAULT SEAL ANALYSIS DAN ATRIBUT SEISMIK PADA LAPANGAN PENOBSCOT FORMASI MISSISAUGA SUB CEKUNGAN SABLE, NOVA SCOTIA, KANADA

SATRIATAMA, M.YAHYA FAJAR (2018) ANALISIS PATAHAN DENGAN MENGGUNAKAN FAULT SEAL ANALYSIS DAN ATRIBUT SEISMIK PADA LAPANGAN PENOBSCOT FORMASI MISSISAUGA SUB CEKUNGAN SABLE, NOVA SCOTIA, KANADA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Lapangan Penobscot adalah lapangan yang terdapat pada offshore wilayah Nova Scotia Kanada. Target penelitian berada pada Formasi Missisauga dengan litologi batupasir. Analisis trap ini adalah identifikasi juxtaposition atau kesehadapan reservoar yang dipengaruhi oleh fault menjadikan compartemen reservoar didalamnya terdapat perbedaan tekanan terhadap fluida hidrokarbon yang menjadikannya sebagai jebakan struktur. Fault seal analysis untuk menentukan jebakan atau trap dari reservoar. Metode SGR (Shale gouge ratio) merupakan analisa kuantitatif menghitung volume clay yang tergerus ke dalam bidang sesar sehingga memberikan tekanan tinggi pada bidang sesar akibat mekanisme pergerakan pada dinding bidang sesar yang bersifat menahan/sealing atau bocor/leaking dari suatu patahan dan didukung gaya tektonik yang terjadi pada patahan. Dari hasil penampang seismik dengan menggunakan atribut RMS root mean square mendapatkan zona ysng menunjukkan indikasi awal distribusi hidrokarbon dengan tebal lapisan reservoar ± 800 m pada kedalaman 2251 – 3190 m dan time 1800 – 2356 ms. Fault seal analysis dengan menggunakan metode SGR pada penelitian ini merupakan tipe sesar turun atau normal fault dengan throw yang tidak begitu tinggi dengan orientasi arah sesar barat laut – tenggara (NW – SE) dengan arah strike N 160̊ E sampai dengan N 165̊ E dan kemiringan sekitar 85̊ sampai dengan 90̊. Kandungan shale yang tinggi dominan dengan nilai di atas 40% kemungkinan besar bersifat sealing namun ada beberapa spot yang mempunyai nilai SGR yang rendah yaitu 30% sampai dengan 20% yang kemungkinan besar bersifat leaking yang hasil ini dibantu oleh hasil juxtaposition sand to shale lapisan reservoar. Kata Kunci : FSA ( fault seal analysis), SGR (shale gouge ratio), Atribut seismik, Atribut RMS root mean square.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Mar 2018 03:21
Last Modified: 19 Mar 2018 03:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item