EVALUASI CASING DESIGN PADA TRAYEK 13 3/8” DAN 9 5/8” SUMUR “DLT-07” LAPANGAN “PRABUMULIH” PT. PERTAMINA EP

Ardiyansyah, Muhammad Hirzi (2018) EVALUASI CASING DESIGN PADA TRAYEK 13 3/8” DAN 9 5/8” SUMUR “DLT-07” LAPANGAN “PRABUMULIH” PT. PERTAMINA EP. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar isi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Perencanaan casing suatu sumur bertujuan mendapatkan rangkaian casing yang efisien dan ekonomis. Casing yang digunakan harus kuat melindungi sumur baik selama proses pemboran maupun proses berikutnya, serta biaya yang dihabiskan harus seekonomis mungkin. Perhitungan terhadap pembebanan harus tepat, mengingat faktor keamanan pada proses selanjutnya. Evaluasi casing pada sumur “DLT-07” bertujuan untuk mendapatkan casing yang memenuhi syaratsyarat secara teknis, yaitu mampu menahan gaya-gaya yang bekerja pada casing, seperti beban burst, beban collapse, dan beban tension. Selain itu evaluasi casing pada sumur “DLT-07” ini juga bertujuan untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan. Agar casing yang di gunakan lebih efisien dan ekonomis. Metode yang digunakan dalam evaluasi casing pada sumur “DLT-07” ini adalah metode grafis. Dimana, metode grafis ini merupakan metode perhitungan berdasarkan beban-beban yang bekerja pada casing dengan memplotkan tekanan terhadap kalaman, sehingga meghasilkan garis burst, garis collapse, garis burst design, dan garis collapse design. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, casing yang digunakan pada trayek 13 3/8” (0-2467 ft MD) dibagi menjadi 2 section. Section II (0 - 1919 ft MD) menggunakan K-55; 54.5 ppf; BTC dengan safety factor Ni = 2,37; Nc = 1,21; Nj = 8,85. Dan section I (1919 ft – 2467 ft MD), menggunakan casing J-55; 61 ppf; BTC dengan safety factor Ni = 2,7; Nc = 1,29; Nj = 36,6.07 Sedangkan casing yang digunakan pada trayek 9 5,8” dibagi menjadi 2 section. Section II (0- 5299 ft MD), menggunakan grade casing dengan grade L-80; 40 ppf; BTC dengan safety factor Ni = 1,94; Nc = 1,15; Nj = 4,72. Dan section I (5299 ft – 5912 ft MD) menggunakan casung dengan grade L-80; 43,5 ppf; BTC dengan safety factor Ni = 2,14; Nc = 1,23; Nj =46,3. Biaya yang dapat dikurangi dari casing yang sebelumnya digunakan adalah sebesar US$ 99.439,27.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Mar 2018 08:06
Last Modified: 14 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item