EVALUASI CASING DESIGN PADA TRAYEK 13 3/8” DAN 9 5/8” SUMUR “DLT-07” LAPANGAN “PRABUMULIH” PT. PERTAMINA EP

Ardiyansyah, Muhammad Hirzi (2018) EVALUASI CASING DESIGN PADA TRAYEK 13 3/8” DAN 9 5/8” SUMUR “DLT-07” LAPANGAN “PRABUMULIH” PT. PERTAMINA EP. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2. Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 3. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar isi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN
Perencanaan casing suatu sumur bertujuan mendapatkan rangkaian casing
yang efisien dan ekonomis. Casing yang digunakan harus kuat melindungi sumur
baik selama proses pemboran maupun proses berikutnya, serta biaya yang
dihabiskan harus seekonomis mungkin. Perhitungan terhadap pembebanan harus
tepat, mengingat faktor keamanan pada proses selanjutnya. Evaluasi casing pada
sumur “DLT-07” bertujuan untuk mendapatkan casing yang memenuhi syaratsyarat
secara teknis, yaitu mampu menahan gaya-gaya yang bekerja pada casing,
seperti beban burst, beban collapse, dan beban tension. Selain itu evaluasi casing
pada sumur “DLT-07” ini juga bertujuan untuk meminimalisir biaya yang harus
dikeluarkan. Agar casing yang di gunakan lebih efisien dan ekonomis.
Metode yang digunakan dalam evaluasi casing pada sumur “DLT-07” ini
adalah metode grafis. Dimana, metode grafis ini merupakan metode perhitungan
berdasarkan beban-beban yang bekerja pada casing dengan memplotkan tekanan
terhadap kalaman, sehingga meghasilkan garis burst, garis collapse, garis burst
design, dan garis collapse design.
Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, casing yang digunakan
pada trayek 13 3/8” (0-2467 ft MD) dibagi menjadi 2 section. Section II (0 - 1919
ft MD) menggunakan K-55; 54.5 ppf; BTC dengan safety factor Ni = 2,37; Nc =
1,21; Nj = 8,85. Dan section I (1919 ft – 2467 ft MD), menggunakan casing J-55;
61 ppf; BTC dengan safety factor Ni = 2,7; Nc = 1,29; Nj = 36,6.07 Sedangkan
casing yang digunakan pada trayek 9 5,8” dibagi menjadi 2 section. Section II (0-
5299 ft MD), menggunakan grade casing dengan grade L-80; 40 ppf; BTC dengan
safety factor Ni = 1,94; Nc = 1,15; Nj = 4,72. Dan section I (5299 ft – 5912 ft
MD) menggunakan casung dengan grade L-80; 43,5 ppf; BTC dengan safety
factor Ni = 2,14; Nc = 1,23; Nj =46,3. Biaya yang dapat dikurangi dari casing
yang sebelumnya digunakan adalah sebesar US$ 99.439,27.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Mar 2018 08:06
Last Modified: 14 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item