PERENCANAAN REKLAMASI PENAMBANGAN KAOLIN PADA WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DI RT 04 RW 10 DUSUN JETAK, DESA KARANGSARI, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wibowo, Maychel Beta (2018) PERENCANAAN REKLAMASI PENAMBANGAN KAOLIN PADA WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DI RT 04 RW 10 DUSUN JETAK, DESA KARANGSARI, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

INTISARI Kegiatan pertambangan oleh rakyat yang tidak terkonsepkan dari aspek lingkungan menghasilkan degradasi lingkungan. Kegiatan penambangan telah berjalan tiga puluh tujuh tahun dan berupa tambang tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kerusakan lingkungan dan perencanaan reklamasi yang didukung lingkungan, biaya reklamasi, keekonomisan, sumberdaya manusia, sosial di lokasi penelitian dengan rekayasa kebumian. Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan tingkat kerusakan lingkungan yaitu dengan survey, pemetaan, analisis, uji laboratorium, dan pengharkatan. Parameter pengharkatan yang diukur pada lokasi penambangan yaitu cadangan untuk pengembalian tanah pucuk, relief dasar galian, batas kedalaman galian, batas kemiringan tebing galian, tinggi tebing galian, kondisi jalan, penutupan lahan oleh vegetasi, erosi dan gerakan massa, tutupan vegetasi, jarak penambangan terhadap area permukiman, dan jarak penambangan terhadap sungai. Sepuluh parameter tersebut dievaluasi guna memperoleh kelas kerusakan lahan tambang, untuk turut dapat merancang arahan yang sesuai terhadap lokasi reklamasi. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, hasil analisis dan evaluasi data, menunjukan bahwa dampak dari kegiatan penambangan kaolin mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan fisik, terutama semakin berkurangnya situs geologi kekar kolom, sehingga tergolong tingkat berat dengan skor 24 dari range 22,6 hingga 30. Dengan hasil analisis kualitas tanah di laboratorium rata-rata pH (H2O) 5,11, C-organik 0,41%, N-total 0,045%, P2O5 2,5 ppm, K-tersedia 6 ppm, permeabilitas 2,85 cm/jam, tekstur pasir 10 %, debu 57 %, dan liat 33%. Sedangkan hasil petrografi dengan dominasi lempung 90% sebagai penyerap dan penyimpan air yang baik, dan mineral sisa 10%, serta pengujian air yaitu pH 8,7, TDS 47, TSS 43, warna, dan rasa normal. Penentuan rancangan reklamasi disesuaikan dengan penataan fisik berupa jenjang sesuai kriteria faktor keamanan dengan lebar 6 meter, dan tinggi 3 meter. Biaya reklamasi sebesar Rp. 181.120.785,-, untuk arahan reklamasi berupa holtikultura dengan komoditas sawo dan sirsak serta area geowisata kekar kolom dengan nama “Jetak Holticulture & Geosite Park” sesuai potensi pembangunan berkelanjutan. Kata kunci: Wilayah Pertambangan Rakyat, Kerusakan Lahan, Reklamasi, Holtikultura, Geowisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Mar 2018 01:31
Last Modified: 07 Mar 2018 01:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item