PERBANDINGAN ESTIMASI CADANGAN ANDESIT MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION DAN CONTOUR DIDUSUN GRINDANG, DESA HARGOMULYO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

NIRMAYA SARI, RESA (2018) PERBANDINGAN ESTIMASI CADANGAN ANDESIT MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION DAN CONTOUR DIDUSUN GRINDANG, DESA HARGOMULYO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER depan.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Desa Hargomulyo memiliki daerah potensi tambang bahan galian Andesit. Lokasi penelitian berada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini berdekatan dengan area pembangunan bandara internasional baru di Yogyakarta,sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan galian andesit sebagai tanah urug. Berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan,potensi Andesit di daerah penelitian memiliki prospek untuk dilakukan pengusahaan. Perhitungan cadangan berperan penting dalam menentukan jumlah, kualitas, dan kemudahan dalam menentukan daerah-daerahyang bisa ditambang. Sebab dari hasil perhitungan cadangan yang baik dan akurat yang sesuai dengan keberadaannya dilapangan dapat menentukan investasi yang akan ditanam oleh investor sebagai penanaman modal dalam usaha penambangan, penentuan kerja produksi, cara penambangan yang akan dilakukan,bahkan dalam memperkirakan waktu yang akan dibutuhkan oleh perusahaan dalam melaksanakan usaha penambangannya. Hasil volume yang di peroleh dari perhitungan cadangan andesit di daerah penelitian dengan menggunakan metode cross section dengan pedoman perubahan bertahap (rule of gradual change) adalah sebesar 16.070.804,03 m3, sedangkan hasil volume cadangan andesit pada daerah penelitian dengan metode Contour memiliki volume sebesar 26.391.799,45 m3. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan untuk mengetahui besar potensi Cadangan Andesit, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. a. Volume cadangan andesit menggunakan metode cross section dihitung dari elevasi 145 ke elevasi 30 sebesar 16.070.804,03 m3. b. Volume cadangan andesit menggunakan metode contour dari elevasi 149 ke elevasi 9 sebesar 26.391.799,44 m3. 2. Berdasarkan SNI 13-4726-1998 tentang klasifikasi sumberdaya dan cadangan, volume cadangan Andesit di daerah penelitian termasuk dalam Cadangan Terkira (Probable Reserve).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:07
Last Modified: 05 Mar 2018 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item