OPTIMALISASI PRODUKSI ALAT MUAT ALAT ANGKUT SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI UNTUK PENAMBANGAN BIJIH BAUKSIT DI PT. ANTAM (PERSERO) TBK KABUPATEN SANGGAU KALIMANTAN BARAT

BUDIMAN, ARIEF (2018) OPTIMALISASI PRODUKSI ALAT MUAT ALAT ANGKUT SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI UNTUK PENAMBANGAN BIJIH BAUKSIT DI PT. ANTAM (PERSERO) TBK KABUPATEN SANGGAU KALIMANTAN BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Kegiatan penambangan di PT. Antam (Persero) Tbk terdiri dari kegiatan pembongkaran bijih bauksit, pemuatan bijih bauksit ke alat angkut, serta pengangkutan bijih bauksit menuju Stockyard. Untuk mewujudkan kegiatan yang baik pada tahapan penambangan diperlukan kombinasi alat muat dan alat angkut yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi alat muat dan alat angkut saat penelitian dilakukan, mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan tidak tercapainya produksi alat muat dan alat angkut, serta memberikan upaya perbaikan agar target produksi dapat tercapai. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi bijih bauksit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis efisiensi kerja alat muat dan alat angkut, menghitung match factor, serta menghitung produksi yang dapat dicapai oleh alat muat dan alat angkut. Penelitian dilakukan di PT. Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) Tayan yang berada di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Analisis peralatan dilakukan pada kombinasi alat mekanis yang digunakan saat penilitian yaitu excavator Volvo EC330BLC sebagai alat muat dan articulated dump truck Volvo A35F sebagai alat angkut. Target produksi yang ditetapkan oleh PT. Antam (Persero) Tbk sebesar 60.000 ton/bulan. Produksi aktual yang dapat dihasilkan sebesar 79.128,34 ton/bulan untuk alat muat dan 48.351,9 ton/bulan untuk alat angkut. Hal ini disebabkan karena rendahnya nilai keserasian kerja kombinasi alat muat dan alat angkut saat ini. Upaya yang dilakukan agar target produksi penambangan bijih bauksit dapat tercapai yaitu dengan menambahkan 1 unit alat angkut berupa articulated dump truck Volvo A35F. Setelah dilakukan penambahan alat angkut kemampuan produksi menjadi 64.480,63 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Mar 2018 01:31
Last Modified: 05 Mar 2018 01:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item