KAJIAN GEOMETRI PELEDAKAN TANAH PENUTUP TERHADAP WAKTU GALI KOMATSU PC 2000, TAMBANG BATUBARA, PIT TUTUPAN, PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE ADARO

KANIGORO, GIRINDRAWARDANA ARYA (2018) KAJIAN GEOMETRI PELEDAKAN TANAH PENUTUP TERHADAP WAKTU GALI KOMATSU PC 2000, TAMBANG BATUBARA, PIT TUTUPAN, PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE ADARO. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Pamapersada Nusantara (PT. PAMA) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pertambangan dan konstruksi pertambangan. Penelitian dilaksanakan di pertambangan batubara Pit Tutupan yang merupakan salah satu pit produksi Batubara milik di PT. Adaro Indonesia (PT. AI) yang berlokasi di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Sistem penambangannya menggunakan metode tambang terbuka dan kegiatan pembongkaran tanah penutup dengan metode pengeboran dan peledakan. Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu operasi peledakan adalah mendapatkan hasil ukuran fragmen batuan yang baik sesuai dengan ketentuan perusahaan. Dari fragmentasi batuan tersebut, masalah yang bersangkutan yaitu tidak tercapainya waktu muat Komatsu PC 2000 dengan ukuran bongkah hasil peledakan lebih dari 100 cm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi fragmentasi batuan hasil peledakan, serta menganalisis geometri peledakan yang diterapkan dalam kaitan ukuran fragmentasH. Pada PT. PAMA, geometri peledakan yang digunakan saat ini adalah burden 8 m, spasi 9 m, stemming 3,5 m, powder charge 4,5 m, subdrilling 0,5 m, kedalaman lubang 8 m dengan sasaran tingkat fargementasi batuan yaitu 1/3 dari ukuran bucket Komatsu PC 2000 (kurang dari100 cm) lebih dari 80%, dengan waktu gali muat kurang dari 9 detik, dan fill factor 0,8 – 0,9 dan sasaran produksinya 800 BCM/jam. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode Kuz-Ram dan dikoreksi menggunakan software split desktop, dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi fragmentasi adalah geometri peledakan yaitu burden, spasi, dan ketinggian kolom isian yang akan berpengaruh pada penggunaan bahan peledak, persen passing 80 (P80) rata-rata 134,92 cm, waktu gali muat rata-rata 9,85 detik, dan produksi alat gali muat Komatsu PC 2000 saat ini 650 BCM/jam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:25
Last Modified: 01 Mar 2018 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14571

Actions (login required)

View Item View Item