OPTIMASI KUAT LENTUR GENTENG PARIS DENGAN MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM) (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga Genteng Bu Narti, Curitan, Sidoluhur, Godean, Yogyakarta)

Hapsari, Retno Ayu Pangastuti (2018) OPTIMASI KUAT LENTUR GENTENG PARIS DENGAN MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM) (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga Genteng Bu Narti, Curitan, Sidoluhur, Godean, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRACT.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kualitas suatu produk merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing produk, selain biaya produksi, dan ketepatan waktu produksi. Karena kualitas merupakan bentuk dari suatu jaminan yang diberikan perusahaan kepada konsumen. Objek penelitian ini adalah home industry genteng milik Bu Narti di daerah Godean, Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah menentukan komposisi faktor yang optimal sehingga nilai kuat lentur genteng optimal dengan menggunakan Response Surface Methodology (RSM). Response Surface Methodology (RSM) terpilih sebagai metode yang digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu respon dapat digeser dengan menentukan titik-titik optimum baru dengan lebih cepat dan efisien atau memberikan arah titik optimasi yang global bukan hanya local dan lebih mudah digunakan untuk menentukan kondisi proses optimum untuk hasil yang lebih memuaskan karena menggunakan pendekatan rekayasa, serta adanya contour plot dan surface plot. Komposisi masing-masing variabel pada respon uji tekan lentur untuk mendapatkan nilai optimum adalah tanah liat sawah seberat 1.5 kg, tanah liat gunung seberat 0.3 kg, banyaknya air 1 liter, dan 5 kali penggilingan dengan nilai kuat lentur sebesar 171.471 fkg. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 39.3 % dari kondisi awal. Faktor X4 atau frekuensi penggilingan merupakan satu-satunya faktor yang memberikan kontribusi yang signifikan dengan model perbaikan yang terbentuk adalah Y = 56.71 + 16.53 X4. Setelah dilakukan eksperimen konfirmasi yang dilakukan sebanyak 6 replikasi memiliki nilai rata-rata sebesar 160.19. Simpangan antara hasil optimasi dengan hasil eksperimen konfirmasi adalah sebesar 6.58%. Jadi, proporsi faktor yang telah dioptimasi akan meningkatkan nilai kuat lentur genteng. Kata kunci: genteng, optimasi, kuat lentur, Response Surface Methodology (RSM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:55
Last Modified: 23 Feb 2018 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14551

Actions (login required)

View Item View Item