Ananlisis Efektifitas Media Iklan Outdoor Smartfren Andromax Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta), 2015

Wicakso, Haris (2015) Ananlisis Efektifitas Media Iklan Outdoor Smartfren Andromax Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta), 2015. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Haris Wicakso, Nomor Induk Mahasiswa 152.11.0080 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Ananlisis Efektifitas Media Iklan Outdoor Smartfren Andromax Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta), 2015 Dosen Pembimbing I Dr. Susanta, M.Si. Pembimbing II Dr. Lukmono Hadi, MS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu i apakah iklan Outdoor Smartfren Andromax efektif dalam meningkatkan Brand Awareness yang meliputi Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition dan Brand Unaware. Teknik smapling yang digunakan Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Gond omanan di Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota yogyakarta dan ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menganalisis menggunakan metode Analisis Diskriptif. Brand Awareness diukur dengan menggunakan metode tabulasi data didasarkan kepada pengertian-pengertian dari BrandAwareness yang mencakup Top of Mind (Puncak Pikiran), Brand Recall (Pengingatan Kembali), Brand Recognition (Pengenalan Merek) dan Brand Unaware. Efektifitas iklan diukur dengan dengan menjabarkan masing-masing perolehan dimensi dari masing- masing iklan sehingga akan menunjukan media iklan mana yang lebih dominan membentuk top of mind (puncak pikiran). Hasil penelitian yang diperoleh dengan analisis Brand Awareness menunjukan top of minduntuk produk smartphoneberbasis android adalah merek Samsung dengan memperoleh 48 (48%) responden, sedangakn merek Smartfren andromax menempati urutan kedua sebesar 24 (24%) responden, dan merek Asus pada urutan ketiga sebesar 7 (7%) responden, Sony 6 (6%) responden, Lenovo 6 (6%) responden, LG 3 (3%) responden, Oppo 3 (3%) responden, Xiaomi 2 (2%) responden, HTC 1 (1%) responden. Brand Recallproduk smartphone berbasis android yaitu Smartfren Andromax 27 (27%) responden, Samsung 24 (24%) responden, Sony 11 (11%) responden, lenovo 9 (9%) responden, LG 9 (9%) , Asus 6 (6%) responden, Oppo 6 (6%) responden, Advan 5 (5%) responden, Xiaomi 2 (2%), HTC 1 (1%). Brand Recognition , sebanyak 51 (51%) responden menjawab bahwa mereka mengenal produk smartphone berbasis android merek Smartfren Andromax dan 49 (49%) responden menjawab mengenal setelah diingatkan: Hasil tersebut mengindikasikan bahwa merek Smartfren andromax merek yang dikenal oleh masyarakat. Hasil analisis efektifitas iklan dilihat dari hasil pengukuran brand awareness dapat di analisis dari 24 (24%) responden yang menjawab merek smartfren Andromax berada pada tingkatan top of mind, sebanyak 15 (15%) responden mengeta hui dari iklan baliho, 6 (6%) responden mengetahui dari iklan televisi, 2 (2%) mengetahui dari iklan media cetak, 1 (1%) responden mengetahui dari iklan internet. Diketahui dari hasil analisis menunjukan iklan baliho smartfren efektif dalam membentuk brandawareness pada calon konsumen dibandingkan media iklan lain seperti media televisi, media cetak maupun media internet. Hasil analisis brand unaware tidak ada responden yang tidak mengetahui keberadaan produk smartphone berbasis android merek Smartfren And romax baik saat pengenalan merek dengan bantuan maupun tanpa bantuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran pihak perusahaan perlu meningkatkan promosi terutama iklan baliho pada lokasi lokasi strategis yang lain agar yang agar lebih gencar dan lebih menarik bagi masyarakat yang melihat iklan tersebut sehingga brand awareness(kesadaran merek) terhadap merek smartfren andromax akan meningkat. Kata kunci: Iklan, Brand Awareness, Efektifitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 18 May 2016 06:22
Last Modified: 18 May 2016 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item