Ananlisis Efektifitas Media Iklan Outdoor Smartfren Andromax Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta), 2015

Wicakso, Haris (2015) Ananlisis Efektifitas Media Iklan Outdoor Smartfren Andromax Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta), 2015. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Haris Wicakso, Nomor Induk Mahasiswa 152.11.0080 Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian
Ananlisis Efektifitas Media
Iklan Outdoor Smartfren Andromax Dalam Meningkatkan
Brand Awareness
(Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta),
2015 Dosen Pembimbing I Dr.
Susanta, M.Si. Pembimbing II Dr. Lukmono Hadi, MS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu
i apakah iklan Outdoor
Smartfren Andromax efektif dalam meningkatkan
Brand Awareness
yang meliputi Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition
dan Brand Unaware.
Teknik smapling yang digunakan Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Gond
omanan di Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota yogyakarta
dan ukuran sampel yang diambil sebanyak
100 responden. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
menganalisis menggunakan metode Analisis Diskriptif.
Brand Awareness diukur
dengan menggunakan metode tabulasi data didasarkan kepada pengertian-pengertian dari BrandAwareness yang mencakup Top of Mind (Puncak Pikiran),
Brand Recall (Pengingatan Kembali),
Brand Recognition (Pengenalan Merek) dan Brand Unaware.
Efektifitas iklan diukur dengan dengan menjabarkan masing-masing perolehan dimensi dari masing-
masing iklan sehingga akan menunjukan
media iklan mana yang lebih dominan membentuk
top of mind (puncak pikiran).
Hasil penelitian yang diperoleh dengan analisis
Brand Awareness menunjukan top of minduntuk produk smartphoneberbasis android adalah merek Samsung dengan memperoleh 48 (48%) responden, sedangakn merek Smartfren andromax menempati urutan kedua sebesar 24 (24%) responden, dan merek Asus pada urutan ketiga sebesar 7 (7%) responden, Sony 6 (6%) responden, Lenovo 6 (6%) responden, LG 3 (3%) responden, Oppo 3 (3%) responden,
Xiaomi 2 (2%) responden, HTC
1 (1%) responden. Brand Recallproduk
smartphone berbasis android yaitu Smartfren Andromax 27 (27%) responden,
Samsung 24 (24%) responden, Sony 11 (11%) responden, lenovo 9 (9%)
responden, LG 9 (9%) , Asus 6 (6%) responden, Oppo 6 (6%) responden, Advan 5
(5%) responden, Xiaomi 2 (2%), HTC 1 (1%).
Brand Recognition
, sebanyak 51
(51%) responden menjawab bahwa mereka mengenal produk smartphone berbasis
android merek Smartfren Andromax dan 49 (49%) responden menjawab
mengenal setelah diingatkan: Hasil tersebut mengindikasikan bahwa merek
Smartfren andromax merek yang
dikenal oleh masyarakat.
Hasil analisis
efektifitas iklan
dilihat
dari hasil pengukuran
brand awareness
dapat di analisis dari 24 (24%) responden yang menjawab
merek smartfren Andromax berada pada tingkatan
top of mind, sebanyak 15 (15%) responden mengeta
hui dari iklan
baliho, 6 (6%) responden mengetahui dari iklan televisi, 2 (2%) mengetahui dari
iklan media cetak, 1 (1%) responden mengetahui dari iklan internet. Diketahui dari
hasil analisis menunjukan
iklan baliho smartfren efektif dalam membentuk
brandawareness
pada calon konsumen
dibandingkan media iklan lain seperti
media televisi, media cetak maupun media internet.
Hasil analisis brand
unaware
tidak ada responden yang tidak mengetahui keberadaan produk smartphone
berbasis android merek Smartfren And
romax baik saat pengenalan merek dengan
bantuan maupun tanpa bantuan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran
pihak perusahaan
perlu meningkatkan promosi terutama iklan baliho
pada lokasi lokasi strategis
yang lain agar yang
agar lebih gencar dan lebih menarik bagi masyarakat yang melihat iklan tersebut sehingga
brand awareness(kesadaran merek) terhadap
merek smartfren andromax akan meningkat.
Kata kunci: Iklan, Brand Awareness, Efektifitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 18 May 2016 06:22
Last Modified: 18 May 2016 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item