ANALISIS POTENSI DAN KESESUAIAN LAHAN BEKAS TAMBANG PT. DAYA BAMBU SEJAHTERA DALAM MEMBERIKAN MANFAAT TERHADAP PERUNTUKAN LAHAN PERKEBUNAN DI KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

RIANTO, DOLI JUMAT (2018) ANALISIS POTENSI DAN KESESUAIAN LAHAN BEKAS TAMBANG PT. DAYA BAMBU SEJAHTERA DALAM MEMBERIKAN MANFAAT TERHADAP PERUNTUKAN LAHAN PERKEBUNAN DI KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover Tesis a.n DOLI JUMAT RIANTO, 212150008.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan a.n DOLI JUMAT RIANTO, 212150008.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrack Tesis a.n DOLI JUMAT RIANTO.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi a.n DOLI JUMAT RIANTO, 212150008.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Daya Bambu Sejahtera adalah perusahaan pertambangan batubara. Kegiatan penambangan dengan metode tambang terbuka dapat menyebabkan rendahnya unsur hara dan besarnya erosi yang terjadi pada lahan bekas tambang. Pada lahan rencana reklamasi yang diperuntukan untuk tanaman kelapa sawit dan karet diperoleh nilai 44 dengan kriteria sedang pada rentang nilai 41-53 yang mempunyai penghambat agak berat berupa erosi dan rendahnya unsur hara tanah, serta mengurangi pilihan jenis tanaman dan atau memerlukan pengelolaan tanah yang khusus dengan pengendalian erosi berupa teras bangku, sehingga pengendalian erosi yang dilakukan diperoleh nilai erosi dari 46,10 ton/ha/th menjadi 6,91 ton/ha/th pada lahan rencana reklamasi dan 24,26 ton/ha/th menjadi 3,63 ton/ha/th pada lahan reklamasi. Kesesuaian lahan untuk peruntukan lahan perkebunan menunjukkan bahwa lahan cukup sesuai dengan persyaratan tanaman karet dan kelapa sawit pada rentang nilai 54-65, namun dibatasi dengan faktor penghambat yaitu erosi dan rendahnya unsur hara tanah, khususnya K2O dan N. Rekomendasi yang dapat diberikan secara fisik adalah dengan pengendalian erosi berupa teras bangku dan secara sifat kimia tanah adalah dengan pemberian kapur dolomite (CaMg(CO3)2) sebagai upaya menaikkan pH tanah masam menjadi netral sebanyak 4,3 ton/ha, pemberian pupuk kompos sebagai upaya untuk menghadirkan mikroorganisme tanah dalam membantu pembentukan tanah yang subur sebanyak 100 ton/ha, penggunaan mulsa jerami batang padi sebagai upaya peningkatan bahan organik sebanyak 2,5-5,0 ton/ha, apabila tanah yang memiliki kandungan pasir kurang dari 65% membutuhkan N sebanyak 100 sampai 200 kg/ha, apabila kandungan pasirnya diatas 70% maka N yang dibutuhkan lebih dari 200 kg/ha, dan menggunakan tanaman yang toleran terhadap kemasaman yaitu karet dan kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:41
Last Modified: 19 Feb 2018 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item