PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP DAYA RESAP AIR PADA KERTAS CHIPBOARD 350 MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi kasus di PT XYZ)

AKBAR, FAYAKUN (2017) PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP DAYA RESAP AIR PADA KERTAS CHIPBOARD 350 MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi kasus di PT XYZ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

PT XYZ merupakan salah suatu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur pengolahan kertas, dalam proses produksinya perusahaan masih menemukan produk defect atau cacat terutama pada produk kertas Chipboard 350 terhadap daya resap air yang dihasilkan. Penelitian ini dalakukan dengan tujuan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya resap air pada kertas Chipboard 350 serta dapat mengetahui kombinasi level faktor yang optimal terhadap daya resap air pada kertas Chipboard 350. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Taguchi dengan sampel yang diambil sebanyak 4 faktor dan level yang diambil sebanyak 3 level. Metode ini dimaksudkan untuk memberikan usulan kombinasi yang optimal untuk perusahaan sehingga hasil yang didapat menjadi lebih optimal yaitu semakin kecil hasil yang didapat maka akan semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan rata-rata dan variabilitasnya cenderung mengalami penurunan yaitu dari rata-rata 298,411 pada eksperimen Taguchi menurun menjadi 297,6 pada eksperimen konfirmasi sedangkan variabilitas juga mengalami penurunan yaitu dari -49,496 menjadi 49,47. Hal ini menunjukkan bahwa metode yang diusulkan dapat digunakan untuk mengoptimalkan produk kertas Chipboard 350. Kombinasi faktor optimal yang didapatkan antaralain perbandingan kertas daur ulang antara OCC dan mix paper sebesar 50% : 50%, bahan baku air sebanyak 3 liter, tepung tapioka 43 gram dan suhu pengeringan sebesar 120°C. Kata kunci: Metode Taguchi, Cobb test, kertas, Chipboard 350

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Feb 2018 07:39
Last Modified: 15 Feb 2018 07:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14536

Actions (login required)

View Item View Item