Pengaruh Pemberian Zeolit dan Batuan Fosfat Alam Terhadap Ketersediaan P Latosol dan Serapannya oleh Jagung (Zea mays L)

Irwanto, Didi (2018) Pengaruh Pemberian Zeolit dan Batuan Fosfat Alam Terhadap Ketersediaan P Latosol dan Serapannya oleh Jagung (Zea mays L). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan status hara yang tidak tersedia pada Latosol terutama hara P dapat diatasai dengan pemberian zeolit dan untuk meningkatkan jumlah hara P pada tanah Latosol secara alami dapat digunakan fosfat alam karena lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian zeolit dan fosfat alam di Latosol terhadap ketersedian P latosol, dan serapan P jagung. Penelitian ini dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari dua faktor. Faktor pertama berupa takaran zeolit yaitu Z0 : 0 ton/ha, Z1 : 1 ton/ha, Z2 : 2 ton/ha, faktor kedua berupa takaran fosfat alam yaitu P0 : 0 g/pot, P1 : 0,4 ton/ha, P2 : 0,8 ton/ha, jadi antar perlakuan menghasilkan 9 macam kombinasi, dengan 3 ulangan didapatkan 27 pot percobaan. Parameter yang digunakan pada analisis tanah awal dan akhir meliputi P total, P tersedia, pH tanah, KPK, kandungan P pada Fosfat Alam, analisi tanaman meliputi tinggi tanaman, berat kering tanaman, dan P jaringan tanaman. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap parameter penelitian digunakan sidik ragam (Analisis of varians) dengan beda nyata 5% sedangkan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan digunakan uji berganda Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Latosol yang diberi perlakuan zeolit dan batuan fosfat alam berpengaruh nyata terhadap P-tersedia, berat basah jagung, berat kering jagung dan serapan P-jagung, akan tetapi kedua perlakuan ini tidak berpengaruh nyata terhadap pH H2O, pH KCl, KPK Latosol, tinggi jagung dan P-jaringan jagung. Kata Kunci: zeolit, fosfat alam, fosfor latosol, serapan, jagung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:06
Last Modified: 09 Feb 2018 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item