EVALUASI PENERAPAN STIMULASI MATRIX ACIDIZING PADA SUMUR ”M-35” LAPANGAN SUKOWATI PT. JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA

MUHSIN, IMAM (2018) EVALUASI PENERAPAN STIMULASI MATRIX ACIDIZING PADA SUMUR ”M-35” LAPANGAN SUKOWATI PT. JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Sumur “M-35” merupakan salah satu sumur pengembangan pada lapangan Sukowati yang berproduksi mulai 29 April 2014. Saat ini sumur “M-35” memiliki interval perforasi produktif pada kedalaman 7240 – 7280 ft MD yang berada di formasi karbonat Tuban. Evaluasi terhadap sumur “M-35” karena mengalami masalah penurunan laju produksi. Sumur “M-35” mengalami penurunan laju produksi secara signifikan dalam kurun waktu empat bulan dari 774 BFPD pada bulan Desember 2016 menjadi 309 BFPD pada bulan April 2017. Pemeriksaan terhadap rangkaian peralatan artificial lift ESP tidak ditemui adanya kerusakan. Penurunan laju produksi terjadi karena diindikasikan terjadi kerusakan formasi, yang disebabkan oleh pengendapan scale karbonat CaCO3 disekitar lubang sumur. Sehingga perlu dilakukan stimulasi untuk meningkatkan laju produksi sumur. Berdasarkan kerusakan formasi yang terjadi maka metode stimulasi yang dipilih adalah matrix acidizing. Stimulasi matrix acidizing untuk meningkatkan performa produksi sumur “M-35” dilakukan pada tanggal 8 Mei 2017. Metode yang digunakan dalam evaluasi matrix acidizing pada sumur “M-35” yaitu mengindentifikasi penyebab menurunnya produktivitas sumur berdasarkan data dan sejarah sumur, kemudian melakukan perhitungan dan desain stimulasi matrix acidizing dalam rangka meningkatkan atau mengembalikan produktivitas sumur, serta mengevaluasi hasil stimulasi matrix acidizing berdasarkan parameter-parameter produksi dengan cara membandingkan parameter-parameter produksi sebelum dan setelah pelaksanaan stimulasi matrix acidizing. Sumur “M-35” sebelum dilakukan matrix acidizing memiliki laju alir fluida 309 BFPD dengan harga Pwf 1976 psig, laju alir minyak 176 BOPD, water cut 43%, productivity index sebesar 0.6 BFPD/psi dan flow efficiency sebesar 0.29. Sedangkan setelah matrix acidizing didapatkan laju alir fluida 1006 BFPD dengan Pwf 1976 psig, laju alir minyak 682 BOPD, water cut 32%, productivity index menjadi 1.96 BFPD/psi dan flow efficiency menjadi 0.94. Selain itu, dari kurva IPR sebelum dan sesudah matrix acidizing menunjukkan terjadinya peningkatan laju produksi fluida. Dengan adanya peningkatan berbagai parameter produksi, maka pelaksanaan stimulasi matrix acidizing pada sumur “M-35” dinyatakan berhasil meningkatkan produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:45
Last Modified: 05 Feb 2018 07:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item View Item