Setyawan, Herfandi (2015) “Analisis Efektivitas Iklan Produk TOP Coffee Versi “IWAN FALS” Pada Media Televisi Dilihat Dari Konsep AIDA (Studi Pada Masyarakat Yogyakarta Yang Pernah Melihat/Mengetahui Iklan Produk TOP Coffee Pada Media Televisi)”. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Herfandi Setyawan, Nomor mahasiswa 152110048, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Analisis Efektivitas Iklan Produk TOP Coffee Versi “IWAN FALS” Pada Media Televisi
Dilihat Dari Konsep AIDA (Studi Pada Masyarakat Yogyakarta Yang Pernah
Melihat/Mengetahui Iklan Produk TOP Coffee Pada Media Televisi)”. Dosen
Pembimbing I
Dr. Susanta, Msi
dan Dosen Pembimbing II
Suratna, S.Sos, M.AB.
Periklanan merupakan sebuah
salah satu cara yang digunakan perusahaan
untuk mempromosikan dan memperkenalkan
produk-produk perusahaanke khalayak luas, bahkan beberapa perusahaan menggunakan iklan itu sendiri untuk membentuk persepsi dan branding perusahaannya kepada konsumen, salah satu
media periklanan yang kebanyakan digunakan oleh perusahaan ialah media
televisi.
Perusahaan yang saat ini sedang gencar melakukan promosi
menggunakan media televisi adalah
PT Harum Alam Segar produsen produk TOP Coffee, karenamerupakan produk baru tujuan dari iklan TOP Coffee sendiri ialah Periklanan Inform
atif (member informasi)dan Persuasif (membujuk). Dari
masalah tersebut
peneliti bermaksud untuk meneliti apakah beriklan pada media televisi efektif,untuk itu peneliti mengambil judul “Analisis Efektivitas Iklan
Produk TOP Coffee Versi “IWAN FALS” Pada Media Televisi Dilihat Dari Konsep AIDA”.Yang menjadi
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di
kota Yogyakarta dengan karakteristik rentang usia ≥ 17 tahun yang pernah melihat iklan produk TOP Coffee pada media televisi. Jumlah sampel yang telah diketahui
secara pasti berdasarkan rumus yang diajukan yakni sebesar 100 responden.
Hasil penelitian ini untuk rata-rata dari setiap hirarki variabel AIDA yaitu attention, Interest, desireberada pada
rentang skala efektif untuk menumbuhkan
perhatian, ketertarikan dan keinginan konsumen terhadap produk TOP Coffee,
namun pada tahap akhir action
hasilnya berbeda pada tahap yang lainnya yaitu
berada pada rentang skal a cukup efektif untuk
itu dapat diketahuin bahwa pada
tahap action iklan TOP Coffee masih belum terlalu maksimal untuk
mempengaruhi keseluruhan responden untuk membeli. Untuk hasil rata-rata dari
keseluruhan AIDA berada pada rentang skala “Efektif”, menunjukan bahwa iklan
produk TOP Coffee pada media televisi yang dilihat dari sudut pandang AIDA dinilai “Efektif
” yang ditandai bahwa pada tahap akhir sudah ada tindakan pembelian.
Saran dari penelitian ini untuk perusahaan adalahp
adatahapan AIDA iklan produk TOP Coffee sudah e
fektif. Akan tetapi pada tahap action (tindakan)
iklan produk TOP Coffee masih belum begitu maksimal karena masih dalam rentang skala cukup efektif. Oleh karena itu penulis menyarankansebaiknya iklan
produk TOP Coffee pada media televisi
lebih mengutamakan menonjolkan
informasi pada penguatan karakter dari produk TOP Coffee itu sendiri sehingga konsumenbisa
mengetahui ciri khas dan image dari produk itu yaitu produk yang 2 mengabungkan 2 jenis kopiyang
berbeda dari yang lain,
Sedangkan untuk pemilihan bintang iklan/endors sebaiknya perusahaan mengandeng artis atau
tokoh indonesia yang setara dengan Iwan Fals yang memiliki fans cukup banyak
sehingga dampak dari segi persuasive bisa didapat.
Kata kunci: Efektivitas, Iklan Televisi, Konsep AIDA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:11 |
Last Modified: | 18 May 2016 06:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |