IMPLEMENTASI KONSEP LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI PEMBOROSAN DI LANTAI PRODUKSI (Studi kasus di Pabrik II CV Marga Jaya, Maguwoharjo, Yogyakarta)

PRADANA, ALMER PANJI (2018) IMPLEMENTASI KONSEP LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI PEMBOROSAN DI LANTAI PRODUKSI (Studi kasus di Pabrik II CV Marga Jaya, Maguwoharjo, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Marga Jaya (Pabrik II) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan paving/conblock secara masal. CV Marga Jaya (Pabrik II) selalu berusaha meningkatkan keunggulan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama. Peningkatan keunggulan yang dilakukan adalah dengan cara mengurangi pemborosan yang terjadi selama proses produksi paving/conblock. Pemborosan yang terjadi selama proses produksi antari lain, produksi berlebih, transportasi, waktu menunggu, dan cacat yang berlebih. Lean Manufacaturing merupakan pendekatan yang bertujuan untuk merampingkan proses dengan mengurangi pemborosan yang terjadi selama proses produksi. Pendekatan konsep lean manufacturing dimulai dengan membuat big picture mapping, dilanjutkan dengan waste assessment model (WAM), diagram cause and effects, value stream analysis tools (VALSAT), usulan perbaikan waste yang terjadi, dan pembuatan descrete event simulation (DES). Hasil yang didapat bahwa waktu menunggu yang terjadi diperbaiki dengan menggunakan conveyor, produksi berlebih yang terjadi diperbaiki dengan melakukan peramalan dengan menggunkan software POMQM dan metode terpilih adalah exponential smoothing α=0,8 dengan hasil MAD sebesar 27818.54, dan cacat berlebih yang terjadi diperbaiki dengan menggunakan 5W+1H dengan sebelumnya menggunakan konsep lean six sigma dan didapat nilai sigma sebesar 4,31 sigma. Selanjutnya yaitu proses simulasi. Proses simulasi dengan mengurangi pemborosan yang terjadi menunjukan bahwa kemampuan produksi lini produksi naik 15,36% (penjemuran 30 hari) dan 147,20% (penjemuran 7 hari). Kata kunci: pemborosan, cacat berlebih (defects), waktu menunggu (waiting time), produksi berlebih (overproduction), transportasi (transportation), lean manufacturing, lean six sigma, diagram cause and effects, VALSAT, DES

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jan 2018 07:45
Last Modified: 29 Jan 2018 07:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item