ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KEBIJAKAN BIAYA PERAWATAN PADA MESIN HM 200 DENGAN PENDEKATAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN COST BASED MAINTENANCE POLICY (Studi kasus di PT Supratik Suryamas, Yogyakarta)

PUTRA, ALFIN PRADIKA (2018) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KEBIJAKAN BIAYA PERAWATAN PADA MESIN HM 200 DENGAN PENDEKATAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN COST BASED MAINTENANCE POLICY (Studi kasus di PT Supratik Suryamas, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Supratik Suryamas merupakan perusahaan manufaktur di Yogyakarta yang memproduksi produk plastik. Salah mesin produksi yang digunakan dalam proses produksi adalah mesin HM 200. Jumlah permintaan yang tinggi menyebabkan mesin bekerja 24 jam untuk memenuhi target produksi, sehingga mengakibatkan jumlah produk cacat yang cukup tinggi, serta sering terjadi kerusakan komponen yang mengakibatkan biaya perawatan mesin cukup tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terkait efektivitas mesin serta pemilihan kebijakan biaya perbaikan yang tepat sehingga dapat menunjang kelancaran produksi pada mesin. Pada penelitian ini mengusulkan metode Overall Equipment Effectiveness untuk mengukur efektivitas mesin dan Cost Based Maintenance Policy untuk pemilihan kebijakan biaya perawatan yang tepat untuk mesin.Pengukuran nilai efektivitas digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kinerja mesin. Perhitungan Cost Based Maintenance Policy digunakan untuk pemilihan kebijakan biaya perawatan terhadap komponen mesin HM 200. Hasil perhitungan penelitian menggunakan metode OEE diketahui presentase rata-rata nilai sebesar 69,96% menunjukkan bahwa efektivitas mesin belum maksimal sehingga harus melakukan improvement dengan meminimalkan total loss dan six big losses pada mesin. Hasil perhitungan kebijakan biaya menghasilkan biaya terendah sebesar Rp. 154.006, Berdasarkan perbandingan hasil perhitungan penelitian dan perusahaan, pemilihan kebijakan biaya dapat dipertimbangkan berdasarkan nominal terkecil untuk menghemat biaya perawatan. Berdasarkan hasil perhitungan diusulkan jadwal perawatan preventif rutin setiap bulan untuk komponen ejector serta perawatan repair untuk komponen bagian saluran oli tiap 6 bulan sekali. Kata Kunci : Overall Equipment Effectivenes, Cost based Maintenance Policy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:22
Last Modified: 29 Jan 2018 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14446

Actions (login required)

View Item View Item