PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN ORDER UNTUK MEMINIMASI MEAN TARDINESS (Studi kasus di CV Sogan Batik)

Humaidi, Aditya Abdillah (2018) PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN ORDER UNTUK MEMINIMASI MEAN TARDINESS (Studi kasus di CV Sogan Batik). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suatu perusahaan dapat dinilai baik saat produk sampai ke tangan konsumen dengan waktu dan kualitas yang dijanjikan. CV Sogan Batik merupakan perusahaan yang menghasilkan pakaian batik. Perusahaan bersifat make to order (MTO). Perusahaan sering mengalami keterlambatan pengiriman produk sehingga produk terlambat sampai ke tangan konsumen. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yang salah satunya adalah perusahaan masih belum memiliki metode penjadwalan yang baku sehingga kebanyakan pekerja masih memilih pekerjaan yang menurut mereka mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu tanpa memperhatikan due date pekerjaan tersebut. Pada penelitian ini akan membuat penjadwalan untuk perusahaan dengan memperhatikan kedatangan order yang dinamis. Adapun penerapan penjadwalan yang dapat mengantisipasi kedatangan order yang dinamis adalah dengan pendekatan algoritma penjadwalan dinamis yang dikembangkan dari penelitian sebelumnya oleh Septiana (2006). Dengan pendekatan ini, order diurutkan sesuai dengan memperhatikan due date sehingga dapat mengantisipasi keterlambatan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan algoritma penjadwalan dinamis produksi pada bulan Agustus 2017, nilai mean tardiness turun hampir 100%. Nilai mean tardiness penjadwalan aktual per dua hari dari tanggal 1 sampai 16 Agustus 2017 dengan rentang 0,70 hari dan 1,91 hari. Sementara itu, dengan penjadwalan algoritma dinamis, nilai mean tardiness turun menjadi 0,01 hari pada hari pertama dan hari selanjutnya tidak terjadi keterlambatan. Kata kunci : penjadwalan dinamis, mean tardiness, due date, MTO x ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jan 2018 04:57
Last Modified: 29 Jan 2018 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item