PENATAAN ULANG PENEMPATAN BARANG DI GUDANG PENYIMPANAN DENGAN METODE CLASS BASED STORAGE TUGAS AKHIR Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Menyelesaikan Studi Strata Satu (S-1) dan Memperoleh Gelar Sarjana Teknik (S.T.)

Putra, Yudi Pratama (2018) PENATAAN ULANG PENEMPATAN BARANG DI GUDANG PENYIMPANAN DENGAN METODE CLASS BASED STORAGE TUGAS AKHIR Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Menyelesaikan Studi Strata Satu (S-1) dan Memperoleh Gelar Sarjana Teknik (S.T.). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Swalayan Pamella 7 memiliki gudang penyimpanan produk yang tugasnya menyimpan barang-barang keperluan rumah tangga, baik makanan maupun yang bukan makanan. Sistem penyimpanan produk dalam gudang swalayan belum teratur dan optimal. Sistem keluar masuk barang tidak berjalan dengan baik, penataan barang yang tersimpan di gudang swalayan ini masih random, ditumpuk di berbagai tempat, tidak mempertimbangkan sistem penyimpanannya. Hal tersebut menyebabkan gudang menjadi berantakan, pekerja gudang mengalami kesulitan dalam aktivitas material handling. Tujuan penelitian ini untuk menata ulang penempatan penyimpanan barang, menentukan kebutuhan luas pallet, menghitung total jarak material handling beserta persentase penurunannya dengan penerapan metode class-based storage. Pada penelitian ini digunakan metode class-based storage dengan prinsip penyimpanan produk berdasarkan aktivitas keluar masuk barang dengan mempertimbangkan kesamaan produk. Metode ini dipilih karena penyimpanan produk dilakukan dengan membagi barang menjadi 3 kategori yaitu Kategori A (fast moving), Kategori B (Medium moving), dan Kategori C (Slow Moving) yang dilanjutkan dengan penempatan barang berdasarkan kategorinya. Dengan menggunakan metode class-based storage diperoleh layout usulan dengan menghemat penggunaan ruangan dari 36 blok pallet yang tersedia hanya 30 blok pallet yang digunakan dan jarak material handling sebelum perbaikan adalah 719,6 m/hari dan sesudah perbaikan terjadi penurunan jarak sebesar 693,5 m/hari. Penurunan ini menunjukkan adanya keefisienan dalam perubahan alokasi produk. Persentase dari jarak material handling adalah sebesar 3,76% dan dapat menurunkan jarak material handling. Kata Kunci: Gudang produk, Material Handling, Class-based storage

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:30
Last Modified: 29 Jan 2018 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item