PERANAN BIOCHAR DAN KOTORAN SAPI UNTUK MEMPERBAIKI SIFAT FISIKA TANAH DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) PADA LAHAN BEKAS TAMBANG TIMAH DI DESA BUKIT KIJANG, KECAMATAN NAMANG, KABUPATEN BANGKA TENGAH

TRIARTASARI, SEPTIANA (2018) PERANAN BIOCHAR DAN KOTORAN SAPI UNTUK MEMPERBAIKI SIFAT FISIKA TANAH DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) PADA LAHAN BEKAS TAMBANG TIMAH DI DESA BUKIT KIJANG, KECAMATAN NAMANG, KABUPATEN BANGKA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kegiatan penambangan timah berpengaruh terhadap kerusakan tanah terutama pada sifat fisika tanah. Perubahan struktur tanah terjadi akibat penggalian top soil untuk mencapai lapisan bertimah yang lebih dalam, akibatnya meninggalkan lahan–lahan bekas tambang yang mengalami kerusakan. Upaya memperbaiki kerusakan lahan pasca aktivitas penambangan sangat diperlukan untuk memulihkan kondisi tanah yang telah rusak. Salah satu upaya perbaikan yaitu dengan pemanfaatan biochar dan kotoran sapi sebagai bahan pembenah tanah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi perubahan sifat fisika tanah dan hasil tanaman cabai rawit sebagai indikator keberhasilan pasca pemberian pembenah tanah. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri atas 6 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah tanpa pembenah tanah (kontrol), kotoran sapi, biochar sekam, biochar akasia, campuran biochar sekam + kotoran sapi, dan campuran biochar akasia + kotoran sapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian masing–masing perlakuan biochar dan kotoran sapi tidak berbeda nyata terhadap berat volume tanah, berat jenis partikel tanah dan distribusi ruang pori. Masing–masing perlakuan biochar dan kotoran sapi juga tidak berbeda nyata terhadap C-Organik dan pH tanah. Walau demikian dengan pemberian biochar dan kotoran sapi dapat menurunkan berat volume tanah dan berat jenis partikel, selain itu mampu meningkatkan kandungan bahan organik tanah apabila dibandingkan dengan kontrol. Hasil panen menunjukkan dengan penambahan perlakuan biochar dan kotoran sapi tidak berbeda nyata, akan tetapi terjadi peningkatan hasil dibandingkan dengan kontrol. Kata Kunci : Biochar, Kotoran Sapi, Sifat Fisika Tanah, dan Hasil Tanaman Cabai Rawit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jan 2018 02:13
Last Modified: 29 Jan 2018 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item