PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK KNALPOT RACING (Studi Kasus Di CV Creampie Racing Muffler, Berbah, Sleman, Yogyakarta)

Saridewi, Della Intan (2018) PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK KNALPOT RACING (Studi Kasus Di CV Creampie Racing Muffler, Berbah, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

CV Creampie Racing Muffler Yogyakarta terletak di Jalan Sampaan, Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta merupakan perusahaan manufaktur di bidang otomotif. Perusahaan tersebut memproduksi knalpot racing dengan berbagai macam jenis seperti ninja zz1 stainless, ninja zz1 baja, bebek bulat stainless, bebek bulat baja, dan lain-lain. Perusahaan melakukan pemesanan bahan baku stainless dan baja pada setiap periode dengan jumlah yang sama. Pada tingkat penjualan, produk berbahan baku baja mempunyai tingkat penjualan yang tinggi dari pada produk berbahan baku stainless, dengan demikian produk berbahan baku baja habis terjual lebih cepat dibandingkan produk berbahan baku stainless. Persediaan produk jadi yang ada di gudang sering kali belum terjual habis pada periode tertentu. Masih adanya produk jadi yang tersimpan di gudang penyimpanan, mengakibatkan meningkatnya pengeluaran biaya penyimpanan. Pada penyelesaian masalah menggunakan Linear Programming dan pendekatan Economic Production Quantity. Linear Programming menghasilkan kombinasi produk knalpot racing dengan rata-rata 312 unit stainless dan 712 unit baja dengan meningkatkan rata-rata keuntungan sebesar Rp132.180.000 produk stainless dan Rp124.335.000 produk baja. Hasil Economic Production Quantity kuantitas pemesanan bahan baku rata-rata sebesar 383 kg stainless dan 2718 kg baja dan biaya yang dikeluarkan rata-rata sebesar Rp54.697.892 stainless dan Rp Rp62.779.350 baja. Kata kunci: perencanaan produksi, pengendalian persediaan, linear programming, economic production quantity.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Jan 2018 02:26
Last Modified: 29 Jan 2018 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item