PENENTUAN WAKTU PERAWATAN KOMPONEN KRITIS PADA MESIN INDUKSI PENGECORAN SPAREPART ALAT BERAT (Studi Kasus di PT. Atmaja Jaya, Klaten)

RENDRAGRAHA, IQBAL (2018) PENENTUAN WAKTU PERAWATAN KOMPONEN KRITIS PADA MESIN INDUKSI PENGECORAN SPAREPART ALAT BERAT (Studi Kasus di PT. Atmaja Jaya, Klaten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Atmaja Jaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri pengecoran logam berat berupa baja. Produk yang dihasilkan salah satunya sparepart alat berat yang berdimensi besar. Produk di PT. Atmaja Jaya dibuat menggunakan mesin-mesin besar dan saling memiliki ketergantungan. Mesin produksi yang ada di perusahaan tersebut terbatas jumlahnya. Tidak adanya jadwal perawatan pada mesin produksi membuat mesin-mesin tersebut mengalami kerusakan saat sedang beroperasi. Hal tersebut mengganggu proses produksi seperti pekerja pada stasiun kerja lain menganggur dan target produksi tidak tercapai. Oleh karena itu, dibutuhkan penjadwalan perawatan mesin agar mesin mesin produksi tidak mengalami kerusakan saat sedang beroperasi. Penelitian ini membahas tentang penjadwalan perawatan pada mesin produksi pembuatan sparepart alat berat. Metode yang digunakan adalah Mean Time Between Failure. Metode tesebut digunakan untuk penjadwalan perawatan mesin pada komponen mesin kritis yang dilakukan tindakan pengaturan ulang pada saat perbaikan. Availability adalah sebagai informasi tambahan kepada pemilik mesin apakah mesin tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Penyelesaian masalah dengan menggunakan metode Age Replacement dapat memberikan solusi waktu perbaikan mesin yang optimal. Mesin yang menjadi acuan untuk dilakukan perhitungan adalah mesin induksi dengan komponen kritis yaitu dapur induksi 1 ton. Waktu perawatan pada komponen kritis mesin induksi yang optimal dilakukan selama 23 hari sekali dengan lama waktu pengerjaan 7,09 jam. Nilai downtime terendah pada waktu penggunaan selama 182 jam dengan nilai 0,002896. Tingkat kehandalan (reliability) terendah adalah pada waktu penggunaan selama 182 jam dengan nilai 55,96%.Availability pada mesin induksi yaitu sebesar 99,7104% Kata kunci : penjadwalan perawatan mesin, Age Replacement, PT. Atmaja Jaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Jan 2018 01:59
Last Modified: 29 Jan 2018 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item View Item