ANALISA DELIVERABILITAS FLOW AFTER FLOW TEST DAN PERHITUNGAN CADANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE P/Z VS GP UNTUK PERAMALAN PRODUKSI SUMUR PALEKAN-01

PRASETYA, I DEWA GEDE ARIHUDA EKO (2018) ANALISA DELIVERABILITAS FLOW AFTER FLOW TEST DAN PERHITUNGAN CADANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE P/Z VS GP UNTUK PERAMALAN PRODUKSI SUMUR PALEKAN-01. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Lapangan Palekan merupakan salah satu lapangan yang terletak di daerah Production Sharing Contract (PSC) Tuban yang dikelola oleh JOB Pertamina-Petrochina East Java Indonesia. Produksi gas pada lapangan berasal dari satu sumur karena menerapkan skenario Put On Production atas permintaan Bp Migas sebelum berganti nama menjadi SKK Migas untuk memberikan supply kepada PT. Petrokimia Gresik. Sumur Palekan-1 di bor pada tahun 2007, dari data geologi didapatkan jumlah cadangan pada Lapangan Palekan sebesar 7.85 BSCF yang dihitung menggunakan metode volumetric dengan asumsi recovery factor 71% sehingga didapat ultimate recovery sebesar 5.58 BSCF. Pada tahun yang sama, tahun 2007 dilakukan pengujian sumur pada 4 interval perforasi, hanya interval 3680-3744 ft MD KB yang terindikasi ada hidrokarbon yang selanjutnya disebut Lapisan Dipo. Lapisan ini memiliki porositas 29.64% dan initial water saturation sebesar 50.44%. Nilai faktor kompresibilitas mula-mula sebesar 0.86. Pada kenyataannya Lapangan Palekan ini memiliki jumlah gas terproduksi sudah melampaui nilai dari ultimate recovery yang diramalkan sebelumnya yakni 6 BSCF. Perlu dilakukan evaluasi terhadap performance sumur Palekan-1 dan cadangan Lapangan Palekan untuk mengetahui umur sumur dan jumlah produksi gas dari sumur Palekan-1 Lapangan Palekan. Pada tugas akhir ini akan dimulai dengan persiapan data untuk menunjang analisa dan perhitungan selanjutnya. Akan dilakukan analisa deliverabilitas dan perhitungan cadangan guna melakukan peramalan performance produksi sumur gas Palekan-1. Untuk analisa uji deliverabilitas lapisan Dipo pada sumur Palekan-1 dimana metode uji deliverabilitas yang diterapkan merupakan metode flow after flow test atau back pressure test. Analisa dilakukan untuk mengetahui nilai AOFP (Absolute Open Flow Potential) dengan menggunakan P2 untuk pendekatan nilai tekanan. Perhitungan cadangan akan menggunakan metode material balance P/Z vs Gp.. Tidak lupa juga mengkaji kesesuaian teori dengan hasil uji yang dilakukan, dan yang terakhir adalah rekomendasi laju produksi optimal dari sumur Palekan-1 Hasil analisa terhadap uji deliverabilitas lapisan Dipo pada sumur Palekan-1 menunjukan bahwa nilai AOFP sebesar 45.35 MMSCFD dan perhitungan jumlah cadangan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode material balance P/Z vs Gp mengahasilkan nilai OGIP sebesar 11.6 Bscf. Setelah itu didapatkan nilai ultimate recovery sebesar 8.23 BSCF dengan laju produksi pertanggal 25 juni 2017 sampai 25 april 2020 sebesar 2 MMSCFD untuk mendapatkan produksi yang optimum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:34
Last Modified: 24 Jan 2018 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14358

Actions (login required)

View Item View Item