TEKNIK PENGELOLAAN LAHAN REKLAMASI TAHAP OPERASI PRODUKSI BERDASARKAN TINGKAT KEBERHASILAN KEGIATAN REKLAMASI DI BLOK CIKABAYAN ATAS DAN CIKABAYAN BAWAH PT. ANTAM TBK UBPE PONGKOR KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT

Ramadyanza, Rizky (2018) TEKNIK PENGELOLAAN LAHAN REKLAMASI TAHAP OPERASI PRODUKSI BERDASARKAN TINGKAT KEBERHASILAN KEGIATAN REKLAMASI DI BLOK CIKABAYAN ATAS DAN CIKABAYAN BAWAH PT. ANTAM TBK UBPE PONGKOR KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembarpengesahan.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

INTISARI Kegiatan pertambangan merupakan salah satu kegiatan industri yang menimbulkan masalah dan dampak terhadap lingkungan. PT Antam Tbk UBPE Pongkor yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan melakukan kegiatan reklamasi dan revegetasi di lahan yang terkena dampak dari kegiatan penambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik lahan reklamasi, menghitung tingkat keberhasilan kegiatan reklamasi dan revegetasi, serta membuat arahan pengelolaan yang tepat berdasarkan tingkat keberhasilan kegiatan reklamasi dan revegetasi di PT Antam Tbk UBPE Pongkor. Lokasi yang diteliti adalah area reklamasi blok Cikabayan Atas dan Cikabayan Bawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan metode analisis. Perhitungan Tingkat Keberhasilan Kegiatan Reklamasi dan Revegetasi Berpedoman pada Permen ESDM No. 7 Tahun 2014 lampiran IX-X. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probability sampling. Parameter fisik tanah yang digunakan adalah tekstur dan parameter kimia tanah yang digunakan adalah Kejenuhan Basa, KTK, C-Organik, P, dan K. Penelitian dilakukan dengan menganalisis komponen geofisik-kimia seperti iklim dan curah hujan, bentuk lahan, satuan batuan dan menganalisis sifat fisik dan kimia tanah di labortorium untuk mengetahui kondisi fisik lahan, kemudian menghitung tingkat keberhasilan reklamasi dengan paramater luas area yang ditata, luas area yang ditimbun, luas area yang ditebar tanah zona pengakaran, pengendalian erosi dan pengelolan air, penanaman tanaman penutup (cover crop), penanaman tanaman cepat tumbuh, penanaman tanaman jenis lokal, penutupan tajuk dan perawatan serta menentukan arahan pengelolaan yang sesuai berdasarkan hasil evaluasi tingkat keberhasilan reklamasi. Lokasi penilitian berada di lereng perbukitan dan lembah, satuan batuan lava andesit formasi gunung endut, dengan status kesuburan tanah pada daerah penelitian tergolong rendah. Tingkat keberhasilan kegiatan reklamasi dan revegetasi blok Cikabayan Atas memiliki nilai 87,06 % dan Cikabayan Bawah memiliki nilai 83,48 %, kedua hasil tersebut termasuk kriteria baik. Arahan pengelolaan yang dibuat yaitu pendekatan teknis dengan pembuatan desain drainase, penanaman jenis tanaman penutup, peningkatan kesuburan tanah serta pendekatan institusi yang ditujukan untuk meningkatkan keberhasilan reklamasi dan sebagai upaya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Kata Kunci : Reklamasi, Revegetasi, Tingkat keberhasilan reklamasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:08
Last Modified: 24 Jan 2018 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item View Item