KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DI KECAMATAN MENTAYA HULU SAMPIT KALIMANTAN TENGAH ( Studi Deskriptif Komunikasi Antarbudaya Suku Dayak dan Suku Madura Pasca Kerusuhan Sampit di Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah)

Permadi, Rio Sidik (2018) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DI KECAMATAN MENTAYA HULU SAMPIT KALIMANTAN TENGAH ( Studi Deskriptif Komunikasi Antarbudaya Suku Dayak dan Suku Madura Pasca Kerusuhan Sampit di Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. SAMPUL.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

xvi ABSTRAK Kembalinya suku Madura ke kecamatan Mentaya Hulu pasca kerusuhan Sampit, Suku Madura dituntut untuk bisa beradaptasi dan hidup berdampingan dengan suku Dayak. Penelitian ini membahas tentang bentuk Komunikasi antarbudaya suku Dayak dan suku Madura Pasca Kerusuhan Sampit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif dengan tujuan mengetahui bentuk komunikasi antarbudaya, serta mengetahui hambatan dan upaya menghindari konflik antarbudaya pasca kerusuhan Sampit. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data berarti membandingkan data dan mengecek baik derajat kepercayaan suatu Informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua bentuk komunikasi antarbudaya yang terjadi pasca Kerusuhan Sampit, komunikasi antarbudaya dalam lingkungan sosial dan komunikasi antarbudaya dalam kegiatan beragama. Faktor penghambat dalam penelitian ini adalah masalah intonasi dan kebiasaan yang dilakukan suku Madura. Peneliti berharap agar hubungan suku Dayak dan suku Madura semakin baik kedepannya , saling belajar memahami masing - masing budaya saling terbuka dan menghargai dengan tujuan untuk meminimalisir hambatan – hambatan yang ada pada komunikasi antarbudaya suku Dayak dan suku Madura. Kata Kunci : Antarbudaya, Komunikasi, Suku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:59
Last Modified: 24 Jan 2018 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item