TEKNIK KONSERVASI MATAAIR BERDASARKAN KARAKTERISTIKNYA DI DUSUN SUMBERWATU DAN DUSUN DAWANGSARI, DESA SAMBIREJO, KEC. PRAMBANAN, KAB. SLEMAN, DI. YOGYAKARTA

Kholid, Nur Idham (2018) TEKNIK KONSERVASI MATAAIR BERDASARKAN KARAKTERISTIKNYA DI DUSUN SUMBERWATU DAN DUSUN DAWANGSARI, DESA SAMBIREJO, KEC. PRAMBANAN, KAB. SLEMAN, DI. YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Meningkatnya kepadatan penduduk yang semakin tinggi menyebabkan kebutuhan air bersih semakin meningkat. Kekeringan terjadi di Dusun Sumberwatu dan Dusun Dawangsari padahal ada beberapa mataair yang dapat dimanfaatkan akan tetapi masih terjadi fenomena kekeringan di daerah tersebut ketika musim kemarau. Kekeringan terjadi dikarenakan juga oleh belum optimal dalam pemanfaatan air mata air. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik mataair (tipe, kuantitas, dan kualitas), menentukan letak daerah imbuhan, dan mengetahui teknik konservasi yang cocok untuk mataair yang ada di daerah penelitian. Penelitian mengenai konservasi mataair dilakukan dengan menggunakan metode survei, wawancara, dan matematis. Parameter yang digunakan adalah topografi, kemiringan lereng, penggunaan lahan, iklim, tekstur tanah, kebutuhan air masyarakat, kondisi fisik, kimia, biologi air mataair. Dilakukan metode evaluasi terkait karakteristik mata air dan membandingkan parameter yang dibutuhkan sehingga mendapatkan teknik konservasi yang tepat untuk lokasi penelitian. Dari hasil penelitian, diperoleh mataair tersebut terbentuk oleh adanya tenaga gravitasi, dengan tipe mataair turbuler. Kuantitas (debit) 3 mataair tergolong kelas 7-8 yang berarti sangt kecil dengan kualitas air pada mata air luwing total coliform tinggi. Zona recharge berada pada bagian timur dan bagian barat di lokasi penelitian. Arahan teknik konservasi yang dilakukan adalah pembuatan saluran resapan dan rorak pada sistem teras gulud. Kemudian sistem mekanis di sempadan mataair yakni alat Chlorine Diffuser untuk mengatasi bakteri coliform, serta teknik bangunan penangkap air dari sumber air. Kata Kunci : Mataair, Teknik Konservasi, Recharge, Karakteristik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jan 2018 01:57
Last Modified: 24 Jan 2018 01:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item