KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AREA PABRIK PEMURNIAN EMAS PT. ANTAM (PERSERO) Tbk. KECAMATAN PULOGADUNG KABUPATEN JAKARTA TIMUR DKI JAKARTA

DITA PRAMADHITYA, ADELLA NOVELE (2018) KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AREA PABRIK PEMURNIAN EMAS PT. ANTAM (PERSERO) Tbk. KECAMATAN PULOGADUNG KABUPATEN JAKARTA TIMUR DKI JAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT .pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESHAN.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia adalah salah satu dari tujuh unit usaha PT Aneka Tambang, Tbk. UBPP Logam Mulia satu-satunya pabrik pemurnian Logam Mulia di Indonesia yang memurnikan seluruh jenis bullion emas, perak, dan platina baik yang berasal dari tambang. Kegiatan Antam UBPP Logam Mulia meliputi pemurnian, manufaktur, uji laboratorium dan penjualan. Dalam melaksanakan kegiatan pemurnian, sering terjadi kecelakaan. Timbulnya kondisi kerja yang tidak aman berawal dari keadaan lapangan yang berbahaya dan tindakan kerja yang tidak aman serta mengabaikan keselamatan. Dari kondisi kerja yang tidak aman dan tindakan kerja yang tidak aman tersebut mengakibatkan kecelakaan kerja dan pada akhirnya dapat menyebabkan korban meninggal dunia. Hasil penelitian menunjukan presentase penyebab utama terjadinya kecelakaan pada PT. Antam (Persero) Tbk. UBPP Logam Mulia disebabkan oleh faktor tindakan tidak aman (unsafe act) sebanyak 57,1% dan kondisi tidak aman (unsafe condition) sebanyak 42,9%. Kecelakaan kerja tambang yang terjadi pada tahun 2012-2016 terdapat 7 kecelakaan sehingga perlu dilakukannya evaluasi dan upaya seperti melakukan perbaikan pada kondisi dan tindakan kerja tidak aman agar risiko keselamatan dan kesehatan kerja dapat diminimalkan, melakukan pembekalan dan pelatihan keterampilan K3 kepada karyawan sesuai dengan bidang kerjanya, penggunaan alat pelindung diri sesuai pekerjaannya. Pihak perusahaan akan memberikan penghargaan kepada pekerja dan devisi-devisi yang berprestasi dalam menerapkan keselamatan kerja untuk pekerja yang melanggar prosedur keselamatan kerja maka akan diberikan sanksi berupa surat peringatan apabila surat peringatan lebih dari tiga kali maka pihak perusahaan akan memberhentikan pekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:34
Last Modified: 23 Jan 2018 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item