Pradinata, Muhammad Andhika (2018) MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI TRAVELER (Studi Netnografi pada Grup Facebook “Backpacker Dunia”). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Fenomena menjamurnya masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas traveling ke luar negeri, pastinya dibarengi dengan pengetahuan dan informasi yang cukup tentang destinasi tujuan yang akan dikunjungi. Media sosial Facebook menjadi sarana untuk traveler melakukan komunikasi dan informasi, yaitu melalui grup “Backpacker Dunia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi yang dibagi dan interaksi yang terjalin di grup dapat menjadi media referensi bagi traveler serta dampak yang muncul dengan adanya grup tersebut. Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media baru dan menggunakan teori uses and gratifications oleh Denis McQuail. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi, mengumpulkan data lewat hasil wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa informasi yang dibagikan di grup Facebook “Backpacker Dunia” dapat menjadi media referensi bagi traveler didasari oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menjadikan grup Facebook “Backpacker Dunia” menjadi media referensi bagi traveler yaitu kelengkapan dan kejelasan informasi yang tersaji di dalam grup, informasi yang diberikan valid karena berdasarkan pengalaman pribadi serta informasi-informasi yang dipaparkan di grup sangat up to date ketimbang mencari di Google yang terkadang hanya segelintir orang yang mempublikasikannya ke dalam suatu blog maupun website. Interaksi yang terjalin di dalam grup Facebook “Backpacker Dunia” yang terjadi secara online berupa saling komentar di antara anggota dalam suatu post berupa informasi dan juga pemberian like. Secara offline, interaksi yang terjadi yaitu temu langsung dengan anggota saat diadakannya kegiatan gathering. Dampak yang muncul terbagi menjadi positif dan negatif. Dampak positifnya, dapat mendorong untuk bepergian ke luar negeri serta membuka wawasan pengetahuan bagi yang awam. Sedangkan dampak negatifnya, adanya kemungkinan munculnya masalah penipuan terkait dengan traveling serta adanya beberapa member yang kurang bisa manage diri sendiri. Kata Kunci : Informasi, Interaksi, Traveler, Facebook, Media Referensi. xvi ABSTRACT
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 03:15 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 03:15 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14314 |
Actions (login required)
View Item |